Langsung ke konten utama

Solo Trip to Kuala Lumpur, Malaysia(13 - 14 & 16 Apr 2019)

Sebenarnya ingin banget traveling ke Eropa di tahun 2018 tapi dikarenakan suatu hal jadi batal. Saya tetap traveling tapi yang dekat-dekat dan biaya murah aja. Saya ingin banget nyobain naik pesawat MAS & KLM. Impian saya mau mencoba semua maskapai yang ada di dunia ini dengan trip ke negara berbeda.

Saya pantau harga tiket pesawat KLM tujuan Kuala Lumpur ke Jakarta. Saya ingin banget nyobain naik pesawat KLM. Soalnya tiket pesawat KLM yang murah ya tujuan ke Kuala Lumpur. Sebenarnya malas banget ke Kuala Lumpur karena bosen sudah sering kesana.

Dengan berat hati ya kesana lagi dech. Ya itu karena saya ingin banget nyobain naik pesawat MAS & KLM. Dari pantauan saya selama ini, bila harga tiket pesawat KLM dibawah 800 ribu, saya akan langsung beli.Saya tuh selalu ngecek harga tiket pesawat di www.traveloka.com tapi tiba-tiba ada email pemberitahuan kalau di www.tiket.com lagi ada potongan harga. Ya udah saya buka dech website tiket. Ternyata harga tiket pesawat KLM dari Kuala Lumpur ke Jakarta lagi turun harga, terus dapat potongan lagi, kan jadi lebih murah. Tumben-tumbennya loh tiket lebih murah dari Traveloka. Saya saja heran. Langsung dong saat itu juga di tgl 13 Nov 2018 saya beli tiketnya. Harga tiket pesawat KLM dari Kuala Lumpur ke Jakarta dapat Rp 656.019.

Pengeluaran Tiket Pesawat(PP) = Rp 923.219.
  1. Tiket pesawat MAS(Malaysia Airway)tujuan Jakarta ke Kuala Lumpur untuk 13 Apr 2019. Beli tgl 01 Nov 2018 = Rp 267.200.
  2. Tiket pesawat KLM tujuan Kuala Lumpur ke Jakarta untuk 16 Apr 2019. Beli tgl 13 Nov 2018 = Rp 656.019
Mendekati hari H yaitu hari Rabu, tgl 10 Apr 2019 pulang kerja mau beli uang Ringgit & Bath di Blok M Plaza. Agar tidak capek dan macet. Saya naik MRT aja dari Stasiun MRT Lebak Bulus dan saya parkir motor di Go Ride Parking dekat Stasiun MRT Lebak Bulus. Bayar parkir hanya bayar Rp 2.000 saja seharian tanpa batas jam-jaman. Bayar MRT sekali naik disc 50% sampai tgl 30 Apr 2019. Bayar Rp 4.000 saja sampai di Stasiun MRT Blok M.

TRI TUNGGAL MONEY CHANGER
Alamat : Gedung Blok M Plaza Lt.2 No.233 (Depan Lift)
Hp : 08129183344, 088213547919, 088212044892

Money Changer ini adalah langganan saya bila saya ingin beli uang asing. Dulu bayarnya bisa debit BCA tapi sekarang bayarnya cash.

Saya beli Rabu, tgl 10 Apr 2019 dengan rate dibawah ini :
1 Ringgit(RM) = Rp 3.490.
1 Bath(THB) = Rp 460.

Selesai beli uang asing saya mau ke Blok M Square.Saya muncul ide untuk buat Emblem/Bordir Bendera yang telah saya kunjungi. Idenya sudah lama sich tapi baru sempat ke Blok M Square hari Rabu tgl 10 Apr 2019. Tempat bordir ada di basement Blok M Square. Saya tanya ke banyak toko bordir apakah bisa selesai Jum'at tgl 12 Apr 2019? Mereka pada nggak bisa. Tapi saya tidak putus asa. Saya keliling lagi ke toko lain. Alhamdulilah di Toko ini menyanggupi. Satu bendera bayar Rp 20.000. Saya bikin 8 bendera. Jadi total Rp 160.000. Lanjut 8 bendera tersebut di jahit di toko jahit, ongkosnya Rp 30.000.

Selesai semua urusan saya pulang dech. Sampai rumah sekitar jam = 23:30. Ingin packing tapi saya lelah. Saya mau tidur dulu dech. Packingnya pagi aja jam 5.

Hari Ke-1(Sabtu, Tgl 13 Apr 2019)

Jam 5 pagi mulai dech packingnya. Packing selesai jam 7. Butuh 2 jam saya untuk packing. Sarapan lalu mandi. Dan baru berangkat dari rumah jam 07:30. Mulai sekarang kalau trip saya akan pakai koper yang dapat gratis dari kantor. Saya pergi bawa koper nggak malu tuh naik angkot. Ongkosnya murah. Daripada naik taksi, ongkosnya sangat mahal, pp bisa 300 ribu lebih. Kan mending naik angkot yang ongkosnya murah.

Dari rumah saya naik angkot M20 lalu turun di Pertigaan Kampung Kandang bayar Rp 5.000. Lanjut lagi naik angkot M61 turun di Terminal Pasar Minggu bayar Rp 5.000. Dari Terminal Pasar Minggu mau ke Bandara Soetta saya naik Bis DAMRI bayar Rp 40.000. Bis DAMRI Ngetem di dekat pintu keluar ke arah Kalibata. Saya naik dech. Lama nich bis nya nggak jalan-jalan. Pesawat yang akan saya naikin berangkat jam 11:10 WIB. Waduh jalanan macet booo gara-gara ada pawai di Senayan. Tol pertama ditutup. Gawat nich bisa ketinggalan pesawat. Penumpang di sebelah saya mwnganjurkan untuk naik gojek aja. Saya bilang gojek nggak akan mau kalau jaraknya jauh. Ya sudahlah saya terima nasib aja. Ketinggalan pesawat berarti beli tiket baru yang harganya sekitar 1,2 jutaan. Hati ini deg'degan banget. Mau hemat malah boros.

MAS(Malaysia Airlines)

Saya akan mencoba semua maskapai yang ada di dunia. Termasuk MAS ini.

Saya beruntung banget. Setelah saya refund tiket MAS. Tiba2 tanpa sengaja saya lihat di Traveloka harga tiket MAS ditanggal 01 Nov 2018 tujuan Jakarta ke Kuala Lumpur. murah banget. Pagi itu sekitar jam 6 pagi saya langsung beli tanpa pikir panjang lagi karena murah banget untuk tgl 13 Apr 2019. Saya dapat harga Rp 267.200. Saya bayar dgn KK Mega. Keputusan saya tepat. Ternyata promo tiket murah tersebut hanya sampai jam 9 saja. Thanks MAS. Semoga saya tidak kecewa denganmu.

Saya tiba di Bandara Soetta Terminal 3 jam : 10:30 WIB. Langsung saya lihat layar besar dimana saya harus check-in. Saya lari menuju kounter check-in. Saat saya antri, tiba-tiba tulisan di layar kecil penerbangan MH0710 telah tutup. Saya langsung berinisiatif pindah ke kounter yg tulisannya closed. Saya bilang bahwa ke mbak petugas MAS penerbangan saya MH0710. Mbak petugas bilang akan bantu saya. Dan dia bilang langsung lari ya bu. Lari dech saya. Walah Gatenya jauh boo. Saya sudah ditunggu oleh petugas pria. Dia memanggil nama saya. Saya jawab iya. Saya jalan cepat karena tidak enak ditunggu. Sampai juga saya didalam pesawat MAS. Saya duduk di 10F dekat jendela. Alhamdulilah Allah baik sama saya. Terima kasih Allah.

Take Off nya halus. Fasilitas yang didapat dalam penerbangan kelas ekonomi ini yaitu : gratis bagasi sampai 30kg. Ada TV dengan berbagai macam hiburan didalamnya. Jarak kursi 30 inch(Standar). Tata kursi 3-3. Lama penerbangan dari Bandara Soetta(Tangerang) ke Bandara KLIA(Kuala Lumpur) sekitar 2 jam 20 menit. Dapat makanan berat seperti : Nasi ikan+buah potong+Mineral water+roti tawar bulat+Kacang(enak)+cookies coklat.Pramugari kurang ramah.Landingnya pun halus. Sampai di KLIA jam 14:15.

Overall masih bagus SQ(Singapore Airlines).

Karena tidak ada bagasi langsung aja melewati Immigration dan keluar dech menuju bis yang akan ke KL Sentral. Sebelum turun beli tiket bis dulu, harganya RM 12. Bis baru berangkat 30 menit lagi. Tepat jam 15:30 bis Airport Coach berangkat menuju KL Sentral. Lama perjalanan sekitar 1 jam. Sampai di Station KL Central naik 2 tangga untuk sampai di Station KL Sentral. Saya tanya ke petugas yang ada disana mau ke Station Imbi. Maka saya di arahkan untuk naik monorail. Jauh benar ya saya jalannya. Saya beli tiket MRT dengan tujuan Station Imbi bayar RM 1,3. Saya tanya ke petugas 1 dan dia bilang turun di Station Merdeka. Saya turuti tapi saya bingung nich. Saya tanya lagi ke petugas 2 dan dia bilang turun di Bukit Bintang. Makin saya bingung dech. Saya tanya lagi ke petugas 3 dan dia jawab yang benar turun di Station Merdeka lalu ganti naik Monorail line hijau muda. Kali ini saya baru paham. Tapi kaki saya ini sudah sangat lelah. Turun dech saya di Station Imbi
 Keluar pintu ke  Jalan Pudu. Saya sempat salah jalan. Seharusnya nyebrang. Sampai saya ingin naik taxi saja tapi saya urungkan. Saya tetap gigih untuk bertanya ke orang setempat.

Selama saya jalan-jalan 2 Hari di Kuala Lumpur untuk bayar ongkos naik transportasi saya tidak membeli kartu top-up. Saya bayar cash untuk Bis Bandara dan bayar cash di vending Machine tiket naik kereta. Nggak apa-apa mahal dikit, kan cuma 2 hari saja di Kuala Lumpur.

OYO 561 MS BUKIT BINTANG HOTEL

Setelah bertanya ke driver bis. Saya ikuti arahannya untuk menyebrang. Ternyata dia benar. Ketemu dech hotel yang sudah saya booking. Hotel OYO tersebut berada di belakang Hotel Metro. Saya daftar dulu di bagian resepsionis. Cowok India yang jaga saat itu. Namanya Mr. Felix. Tidak bisa bahasa melayu. Persiapannya kurang. Bingung gitu saat saya berikan paspor saya dan saya tunjukkan haail booking saya ke dia. Saya diminta uang deposito RM 50 dan RM 10 untuk pajak turis. Wah bisa jadi mahal ya kalau menginap di hotel yang ada di Malaysia. Kalau tidak pindah hotel sich nggak diminta lagi. Tapi kalau mau pindah hotel berkali-kali mah mahal banget rate harga hotelnya.

Saya pilih jenis Standar Double Room. Saya kecewa berat. Kamar dan toiletnya sempit banget. Dibawah kolong tempat tidur kotor banget. di toilet diberikan 1 sabun bulat batangan+1 tube kecil shampo+ 1 tube kecil sabun cair+ 2 handuk putih dewasa. Ada selimut tapi tipis. Air minum ambil sendiri diluar di dispenser.

Saya cuci kaos dulu biar ada baju ganti nntinya. Setelah itu mandi dech. Perut ini lapar. Saya makan malam di restoran yang ada di Berjaya Times Square yaitu Restoran Penang Road Famous Teochew Chendul dengan menu Koay Teow Soup = RM 9,30.

Lanjut mau cari Sepatu dan Jam tangan Merk VINCCI. Naik Monorail Line Hijau Muda tujuan Station Titiwangsa bayar RM 1,3 lalu turun di Station Bukit Bintang. Kereta monorailnya jelek banget dan hanya ada 3 gerbong saja.

Monorail Line Rapid KL

VINCCI STORE

Di Station Bukit Bintang, saya keluar pintu Plaza Sungai Wang. Plaza Sungai Wang seperti Mall ITC. Saya langsung ke Toko Vincci. Saya beli 2 pasang sepatu dengan bayar RM 79. Kalau beli 1 pasang mahal harga RM 59. Toko Vincci Sungai Wang tidak lengkap. Koleksinya sedikit. Jam tangan tidak ada. Saya tanya ke pegawainya dimana yang lengkap dan dia jawab di Pavilion KL didalam Padini Concept Store.

Saya langsung bergegas cepat karena 30 menit lagi toko akan tutup. Saya jalan cepat menuju ke Pavilion KL. Disana dapat dech saya beli 2 pasang jam tangan wanita dengan bayar RM 49. Selesai saya beli. Langsung tokonya tutup.

Jam Tangan Wanita Vincci

Sepatu Wanita ukuran 8

Saya pulang menuju hotel. Sampai di Stasiun Imbi saya mampir dulu ke 7Eleven untuk beli mineral water. Sampai hotel isi minum dulu. Terus mandi dan istirahat.

Pengeluaran  Hari ke-1(Sabtu, Tgl 13 Apr 2019) = Rp 58.000 + RM 221,2(Rp 771.988) = Rp 829.988.
  1. Ongkos angkot M20 sampai pertigaan Kampung Kandang = Rp 5.000.
  2. Beli masker isi 5 di Circle K Kampung Kandang = Rp 8.000.
  3. Ongkos angkot M61 sampai Terminal Pasar Minggu = Rp 5.000.
  4. Ongkos bis bandara DAMRI tujuan Bandara Soetta = Rp 40.000.
  5. Ongkos bis dari Bandara KLIA ke KL Sentral = RM 12.
  6. Naik MRT dari Stasiun Museum Negara ke Stasiun Imbi = RM 1,3.
  7. Bayar hotel di OYO MS Hotel Bukit Bintang untuk 1 malam = RM 58
  8. Bayar pajak untuk turis = RM 10.
  9. Makan malam di Restoran Penang Road Famous Teochew Chendul dengan menu Koay Teow Soup = RM 9,30.
  10. Beli 2 pasang sepatu wanita Merk VINCCI di Mall Sungai Wang = RM 79.
  11. Beli 2 jam tangan wanita  Merk VINCCI di Padini Concept Store Pavilion KL = RM 49.
  12. Naik MRT dari Stasiun Imbi ke Stasiun Bukit Bintang(PP) = RM 2,6.

Hari Ke-2(Minggu, Tgl 14 Apr 2019)

Acara pagi ini saya hanya mandi dan packing karena jam 13:20 akan terbang ke Krabi. Selesai packing jam 09:30. Langsung saya menuju ke KL Sentral dengan naik Monorail line hijau muda bayar RM 3,1.

Penitipan Koper

Karena saya akan terbang dengan AirAsia tanpa bagasi maka saya taruh koper saya di KL Sentral saja. Keluar dari Mall NU KL Sentral, saya turun tangga sekali dan jalan ke arah depan sampai mentok lalu naik tangga jalan sekali saja. Kemudian belok kiri. Loker bagasi ada di samping kantor AirAsia. Biaya sehari untuk koper Small = RM 10, Medium = RM 30 & BIG = RM 60. Saya tanya ke petugas yang jaga kalau koper saya muat ukuran apa? dan dia jawab Small cukup. Lalu saya pencet di mesinnya kemudian masukkan uang RM 10 lalu wajah saya di foto dan selanjutnya loker nomor 39 terbuka. Masuk dech koper saya ke loker tersebut. Oh ya periksa sekali lagi ya barang apa saja yang akan kalian bawa karena bila pintu loker sudah ditutup oleh kalian. Maka tidak bisa dibuka lagi. Bisa dibuka tapi kalian akan bayar lagi loh.

Penitipan bagasi di KL Sentral menurut saya adalah yang paling murah. Soalnya saya tanya ke pegawai Bandara KLIA untuk biaya penitipan bagasi sehari dikenakan biaya RM 120. Mahal banget kan.

NAIK BIS MENUJU BANDARA KLIA atau KLIA2.

Selesai titip koper. Lanjut saya mau ke Bandara KLIA2. Saya keluar pintu sedikit ada tangga turun saya turun sekali saja. Saya lihat tulisan di depan bis yang tujuannya KLIA2. Lalu saya beli tiket di loket bis dan bayar RM 12.

Pengeluaran  Hari ke-2(Minggu, Tgl 14 Apr 2019) = RM 42,15(Rp 147.104).
  1. Naik Monorail ke KL Sentral = RM 3,10.
  2. Bayar sewa loker di KL Sentral = RM 10.
  3. Naik bis bandara(Skybus) ke Bandara KLIA2 = RM 12.
  4. Beli 2 roti di Bandara KLIA2 = RM 2,05.
  5. Beli paket nasi dipesawat AirAsia tujuan krabi =
KLM

Akhirnya keinginan saya tercapai naik Maskapai KLM dari Negara Belanda. Dari pantauan saya selama ini, bila harga tiket pesawat KLM dibawah 800 ribu, saya akan langsung beli.Saya tuh selalu ngecek harga tiket pesawat di www.traveloka.com tapi tiba-tiba ada email pemberitahuan kalau di www.tiket.com lagi ada potongan harga. Ya udah saya buka dech website tiket. Ternyata harga tiket pesawat KLM dari Kuala Lumpur ke Jakarta lagi turun harga, terus dapat potongan lagi, kan jadi lebih murah. Tumben-tumbennya loh tiket lebih murah dari Traveloka. Saya saja heran. Langsung dong saat itu juga di tgl 13 Nov 2018 saya beli tiketnya. Harga tiket pesawat KLM dari Kuala Lumpur ke Jakarta dapat Rp 656.019.

Setelah ambil koper yang saya titip di KL Sentral, saya langsung keluar lalu turun satu lantai untuk beli tiket bis tujuan Bandara KLIA. Saya bayar RM 12. 15 menit bisnya akan berangkat. Selama saya naik bis baik dari Bandara KLIA/KLIA2 ke KL Sentral alhamdulilah perjalanan lancar, tidak macet dan bis kosong. Beda banget ya sama Jakarta yang jalanannya macet dan penumpang bis bandara penuh terus. Seperti Indonesia bis bandaranya kurang banyak atau orangnya yang terlalu banyak?

Saya sampai di Bandara KLIA sekitar jam 14:00. Masih cukup waktu alias tidak terlambat. Pesawat yang akan saya naiki take off jam 16:10. Saya check-in di kounter J kalau nggak salah. Saya hanya bawa 1 koper ukuran 20 inch. Koper saya di timbang beratnya hanya 8 kilo lebih dikit. Pesawat KLM dapat gratis bagasi 30kg. Saya mah cukup segitu saja. Kalau banyak barang bawaan nanti repot sendiri. Saya pulang menggunakan transportasi umum biar tidak mahal. Kan backpacker tapi pakai koper.Diusahakan semurah mungkin travelingnya.

Selesai check-in bagasi di terminal keberangkatan di Kounter J20 an saya lupa. Untuk menuju ke Gate C perlu naik kereta bandara yang hanya 2 gerbong. Pemeriksaan terakhir masuk ke ruang tunggu di Gate 3C sepatu harus dilepas. Naik pesawat KLM. Krunya sudah berumur. Jarak antar kursi jauh dan lega. Naik KLM dari KLIA ke Jakarta jenis kursi 3-4-3. Diberikan headset tanpa lingkaran di kepala. Jadi hanya seperti kabel aja.
Naik KLM take off mulus dan halus juga tidak buat pusing. Kalau AirAsia ada suara mesin ngik-ngik. KLM ada 4 sekat. Yang setiap sekat ada  15 baris.

Bayangan saya akan dapat makan besar dengan nasi seperti saat naik MAS. Ternyata tidak. Dapatnya hanya 1 kebab halal saja dan minum sesuai request saja dan dapat towel basah sebagai tissue. Pramugara dan pramugari sudah berumur semua. Tidak ada yang muda tapi mereka ramah kok. Selalu senyum kepada setiap penumpang.

Pengeluaran  Hari ke-4(Selasa, Tgl 16 Apr 2019) = RM 131(Rp 457.190) + Rp 72.000 = Rp 529.190.
  1. Naik bis dari KLIA2 ke KL Sentral = RM 12.
  2. Naik bis dari KL Sentral ke KLIA = RM 12.
  3. Bayar titip bagasi selama 2 hari di Stasiun KL Sentral = RM 20.
  4. Beli roti sandwich ayam+roti cream+ mineral water = RM 9.
  5. Beli kaos buat Fajar+Lek Umi di Bandara KLIA Gate C = RM 78.
  6. Beli Aqua 500ml di Mesin Terminal 3 = Rp 10.000.
  7. Naik Bis Damri tujuan Pasar Minggu = Rp 40.000.
  8. Beli Siomay di Terminal Pasar Minggu = Rp 10.000.
  9. Naik angkot S11 turun di Lampu merah Mangga Besar = Rp 5.000.
  10. Naik angkot M20 turun di Ciganjur = Rp 7.000.
Total Pengeluaran selama di Kuala Lumpur = Rp 2.429.501.