Langsung ke konten utama

SOLO TRAVELING KE CEBU, PHILIPINA(21 NOV 2019 - 22 NOV 2019)

Disini saya akan menceritakan kilas balik rencana saya traveling ke Cebu

Rencana awal ingin ke Palawan tapi berubah pikiran karena saat itu tgl 12 Aug 2019 tiket pesawat ke sana sudah naik alias mahal. Saya ngecek tiket pesawat di website Traveloka jadi tahu rate harga tiket pesawat murah tuh berapa.

Nggak sengaja di Hari Senin, tgl 12 Aug 2019 saya buka website Traveloka. Ternyata Philippine Airlines lagi promo.  Yang biasanya harga tiket pesawat Philippine Airlines dari Cebu ke Manila sekitar Rp 699.000. di tgl itu lagi promo. Saya dapat harga Rp 431.800. Lumayan selisih harga sekitar Rp 267.200. Soalnya kalau saya perhatikan jarang banget Philippine Airlines kasih harga promo.

Philippine Airlines adalah pesawat full services. Tiket yang saya beli itu tidak bisa di refund tapi bisa di reschedule. Jenis pesawatnya Airbus A321. Fasilitas yang didapat : posisi kursi 3-3, Jarak kursi 30 Inch, Bagasi Kabin 7Kg, Makanan & Hiburan di Pesawat. Saat pembelian tiket bisa pilih tempat duduk(gratis) tapi sayangnya bagasinya beli. Saat beli tiket tidak bisa beli bagasi. Rencana memang saya tidak beli bagasi. Saya akan mengurangi beli oleh-oleh banyak. Soalnya kalau banyak berat bawanya. Bukannya saya pelit sich tapi malas aja bawanya. Lama perjalanan dari Cebu ke Manila sekitar 1 jam 15 menit. Pesawat ini berangkat dari Mactan Cebu Internasional Airport dari Terminal 1(Jam 03:40) mendarat di Ninoy Aquino Internasional Airport Terminal 2(Jam 04:55).

Aku penasaran sich ingin naik Philippine Airlines. Daripada kebawa mimpi nantinya, ya udah lah ya dibeli tiket pesawatnya. Bagus atau jelek kah naik Philippine Airlines. Karena pesawat ini milik pemerintah Filipina. Semoga tidak mengecewakan nantinya.

Seringnya saya memantau harga tiket pesawat terutama tujuan Cebu. Cebu Pacific Airlines pernah memberikan harga sekitar Rp 197.000 dari Manila ke Cebu. Tapi sayangnya itu untuk bulan Des 2019, sedangkan saya akan kesana tgl 20 Nov 2019. Saat itu mungkin bukan rejeki saya. Semoga nanti akan menjadi rejeki saya. Harga standar  tiket pesawat Cebu Pacific dari  Manila ke Cebu sekitar Rp 383.000.

Pengeluaran biaya tiket pesawat : Tiket pesawat Philippine Airlines(Cebu - Manila) 23 Nov 2019 = Rp 431.800.

JUM'AT, 22 NOV 2019

di Cebu saya baru beli hotel saat saya sudah tiba di Pelabuhan Cebu. Awalnya bingung, menginap atau nggak ya? di Cebu saya hanya sebentar saja karena tujuan utama saya adalah hanya ingin mencoba permainan ekstrim di SKY EXPERIENCE ADVENTURE. Karena saya lelah, akhirnya saya beli hotel aja dech. Pilihan jatuh ke SAMPAGUITA SUITE JRG

SAMPAGUITA SUITE JRG

Saya pilih hotel ini karena yang utama adalah dekat ke SKY EXPERIENCE ADVENTURE. Tidak hanya itu saja, hotel ini dekat bila mau ke Mango Square. Tapi sayangnya, karena saya beli on the spot alias mepet jadi harganya lumayan mahal bagi saya yaitu sekitar Rp 280.975, saya beli di Traveloka.

Interiornya sudah tua. Apalagi AC nya berisik banget, AC model jadul. masih bagus AC di hotel Indonesia dech. Tidak dapat mineral water lagi. Pegawai hotelnya kurang ramah.

Kelebihan :
* Letaknya sangat strategis
* Dekat ke Mango Square
* Dekat ke Sky Experience Adventure
* Dekat ke Fuente Mall

Kekurangan :
* diminta deposit PHP 500(Rp 142.500)
* Ukuran kamar kecil.
* Tidak dapat mineral water.8
* Handuk+sabun dikasih cuma 1.
* Ukuran handuk pendek.
* Saluran TV hanya ada 1, tv lokal.
* Kamar mandi hanya ada 1 gantungan baju.
* Room boy tidak ramah.
* Tidak dapat bath kit. Hanya sabun batang kecil banget 1 buah.
* Selimut tipis.

Saya hanya istirahat sebentar karena waktu saya di Cebu hanya sebentar saja, alias hanya 14 jam saja, terus akan lanjut pindah kota ke Manila.

PERSIAN PALATE RESTAURANT(Mango Square)
Alamat : G.F Mango Square Mango Avenue Cor J Osmena St Cebu City

Sebenarnya kendala bila traveling ke negara yang mayoritas non muslim adalah agak sulit cari makanan halal.  Saking excitednya saya hampir lupa sarapan ternyata.

Setelah merasa cukup istirahat di hotel. Sayapun mencari restoran halal untuk makan siang. Sebelumnya saya cari-cari informasi dimana restoran halal berada. Tidak diduga ternyata hotel tempat saya menginap dekat banget dengan Mango Square. letaknya disamping kiri SAMPAGUITA SUITE JRG, melewati pom bensin lalu nyebrang. Restonya ada dilantai basement. Restonya besar dengan banyak kursi kayu. Ada paket All you can eat tapi sore sekitar jam 18, sedangkan saya sampai di resto itu baru jam 3 sore. Lama dong kalau nunggu sampai jam 18. bisa lemes nanti saya. Karena saya sudah lapar, saya pesan aja Menu Nase Goreng Tofu(PHP 220=Rp 62.700) & Iced Tea/Air Putih dingin(PHP 60 =Rp 17.100) dengan Pajak PHP 30(Rp 8.550). Porsinya besar banget, saya aja nggak kuat menghabiskannya. Rasa menurut saya lumayan enak.

Setelah perut kenyang, lanjut dech jalan kaki menuju ke Sky Experience Adventure. Menurut Waze sich dekat.

SKY EXPERIENCE ADVENTURE

Cara menuju ke lokasi : Untuk menuju ke sana saya hanya jalan kaki saja dari hotel saya menginap. Dekat hanya sekitar 400 meter jalan kaki. Masuk ke Gedung, ada lift sebelah kiri, naik ke lt.2, lalu belok kiri dengan pindah lift menuju ke Lt.19. Karena saya pertama kali ke gedung itu. Saya bertanya dengan mas yang baik hati dan ganteng lagi. Saya di antar sanpai ke liftnya. Thanks mas ganteng. Nah dilantai 19 ini saya daftar dan bayar PHP 900, saya pilih 2 permainan saja karena saya tidak suka ride Edge Coaster. Jadi saya pilih Sky Walk & Zipline. Saya dikasih gelang dengan bayar deposit PHP 100. Nanti uangnya dikembalikan bila

Setelah beli tiket, saya naik lift ke lt.38. Sampai di Lt.38 saya lihat-lihat dulu sambil menyiapkan mental. Indah pemandangan kota Cebu bila dilihat dari atas. pas banget saya sampai disini jam 18. Cebu City dihiasi dengan lampu kedap-kedip dimalam hari. I Love it. Karena saya haus, saya beli mineral water dingin disini, harganya PHP 50(Rp 14.250).

Sebelum naik wahana, saya diharuskan  menitipkan tas saya di loker. Saya bayar deposit sebesar PHP 200(Rp 57.000), nanti uang deposit akan dikembalikan setelah saya mengambil tas dan mengembalikan gelangnya ke petugasnya.

Puas berfoto selfie dan menikmati pemandangan, saya naik satu lantai ke Lt. 39 untuk mencoba Sky Walk. Ternyata sudah ada 3 cewek menunggu giliran untuk berjalan diatas awan. 2 cewek lokal dari Philipina dan 1 cewek dari USA. Saya berkenalan dengan cewek USA, namanya Heidy. Dia ramah dan tidak sombong. Kita dipandu dengan cowok ganteng dan orangnya kocak. Selama diatas kita selalu dijelaskan dengan bahasa inggris yang kocak, jadi kita tidak tegang dech. Saya lupa nama pemandunya. Oh ya selama diatas kita difoto oleh petugas cewek. Orangnya pun ramah. Ternyata kita tidak dibolehkan mengambil foto baik dengan HP ataupun kamera. Sedih dech. Padahal saya sudah punya plan mau buat video dengan kamera kecil. Itu sepertinya taktik mereka agar kita beli foto yang sudah mereka ambil saat kita naik wahananya. Naik Sky Walk lama juga ternyata. Saya puas banget walaupun sempat deg-degan saat melihat kebawah.

Kemudian lanjut dech ke wahana ke-2 yaitu Zipline. Deg-degan boo. Saya diarahkan untuk memakai Helm dan dipasang tali oleh petugas cowok, kemudian saya naik 1 lantai keatas ditemani dengan petugas cewek sebagai fotografer. Sambil menunggu kesiapan sarananya saya difoto dech sama fotografer dan sayapun ngobrol dengannya. Lama juga saya menunggunya. di wahana Zipline ini saya akan melewati diatas tali ke gedung sebelah dengan lintasan menurun. kemudian akan kembali ke gedung asal dengan duduk manis sambil ditarik oleh petugasnya. Seru dan menegangkan sekaligus menyenangkan setelah meluncur ke bawah gedung sebelah.Sayangnya lintasannya pendek. di Wahana ini hanya ada saya dan turis wanita dari Taiwan yang naik Zipline. Awalnya saya pikir dia dari Korea. Sebenarnya ingin naik lagi sich tapi jadi malas saat petugas yang digedung sebelah tidak ramah alias malas melayani saya. Untuk petugas di Gedung atas sich ramah banget juga mbak fotografer ramah juga. ya udah dech cukup naik wahana yang ada di gedung ini.

Turun dech saya ke bawah untuk ambil tas yang saya taruh di loker. Kemudian saya membeli foto sebagai kenang-kenangan. Harga yang harus saya bayar untuk nebus semua foto sekitar PHP 600(Rp 171.000), saya dapat semua foto saya + USB 2GB. Kalau dipikir-pikir mahal juga ya. Tapi tidak apa-apa itu saya anggap kenang-kenangan. Masa sudah jauh-jauh tidak punya fotonya. Uang bisa dicari tapi belum tentu saya punya kesempatan lagi ke sini.

Hari sudah semakin larut dan saya pun sudah lelah dan mengantuk. Pulangnya saya jalan kaki lagi dong, kan dekat. Sebelum kembali ke hotel saya mampir dulu ke 7-Eleven. Saya beli 2 roti+Mineral Water+Sabun Mandi Batangan = PHP 80(Rp 22.800).

Tadinya mau masuk ke Fuente Mall tapi nggak jadi karena nanti istirahat saya jadi sebentar. Soalnya jam 01 pagi saya harus sudah bangun untuk berkemas ke Mactan Airport. Saya pulang ke hotel dech. Sebelum naik keatas masuk kamar hotel, saya mampir dulu untuk beli Minuman Milk Tea Dezi, harganya PHP 85(Rp 24.225). Rasanya biasa aja.

Lalu saya naik untuk masuk kamar hotel. Saya berpikiran ingin mandi lagi agar tidur saya nyenyak. Tapi niat itu saya urungkan karena akan mengurangi waktu istirahat saya. Nanti aja saya mandinya saat pagi hari mau ke Bandara aja. Jadinya saya hanya cuci muka aja. Saya pasang alarm agar tidak kesiangan. Bobo dech saya.

Pengeluaran(Jum'at, Tgl 22 Nov 2019) = PHP 2.295(Rp 935.050)
1.  Bayar bensin ke penyewa motor = PHP 150(Rp 42.750)
2.  Naik Grab Car dari Pelabuhan Cebu ke Hotel = PHP 134(Rp 38.190) + tip PHP 16(Rp 4.560) = PHP 150(Rp 42.750)
3.  Beli hotel di Cebu(Sampaguita Suites JRG) di Traveloka untuk 1 malam = Rp 280.975
4.  Makan siang di Persian Palate Restaurant = PHP 280(Rp 79.800)
5.  Naik Sky Walk+ zipline = PHP 900(Rp 256.500)
6.  Beli Mineral Water di Sky Experience = PHP 50(Rp 14.250)
7.  Beli All photo+usb = PHP 600(Rp 171.000)
8.  Beli Mineral Water+2 Roti Mini+Sabun Mandi Batangan di 7 eleven = PHP 80(Rp 22.800)
9.  Beli minuman Milk Tea Dezi di dalam hotel = PHP 85(Rp 24.225)

SABTU(23 NOV 2019)

Bunyi alarm telah membangunkan saya yang lagi tidur nyenyak. Jam 1 pagi saya bangun. Lanjut mandi di hawa yang dingin pagi hari. Saya terbiasa mandi dengan air dingin walaupun hawanya dingin. Karena kalau mandi dengan air panas nggak segar. Jam 2 pagi saya selesai berkemas dan langsung turun untuk check-out. Pegawai yang stand by saat itu cowok. Saya serahkan kunci kamar dan langsung uang deposit saya dikembalikan. Saya disuruh menunggu sebentar karena kamar yang saya inapin akan dicek oleh pegawainya. Nggak lama kok ngecek kamar hotel. Kemudian saya dipersilakan untuk check-out.

Saya langsung order grab car untuk menuju ke Bandara Mactan. Ternyata orderan saya cepat di respon. Saya pikir akan lama karena ordernya pagi banget. Mobilnya sedan dan supirnya ramah. Lama perjalanan dari hotel ke Mactan Airport hanya 20 menit saja. Ongkosnya PHP 318(Rp 90.630). Sampai di Bandara saya langsung masuk. Ada bapak-bapak berisik banget, lihat hp suara hp nya kencang banget. Kayaknya sich orang Pinos.

PHILIPPINE AIRLINES

Sebelum masuk ke ruang tunggu saya isi perut dulu di Jolibee Terminal 1 Bandara Mactan. Saya beli French Fries Jolie Spicy(PHP 48 = Rp 13.680). Saya makan ditempat. Setelah habis saya bergegas ke ruang tunggu. Penerbangan saya ke Manila yang tadinya Gate 10 di rubah jadi Gate 6. Nggak apa-apa kalau cuma pindah gate. Jangan sampai delay aja. Bisa kacau nanti itinerary saya. Tidak hanya itu saja, seharusnya saya terbang jam 03:40 tapi di rubah menjadi 04:30. Sebel dech. Padahal kan pesawat Philippine Airlines.

Jenis pesawatnya Airbus A321. Fasilitas yang didapat : Posisi kursi 3-3, Jarak kursi 30 Inch, Kok makanannya hanya kacang saja sich, mending mah roti kali ya. Lama perjalanan dari Cebu ke Manila sekitar 1 jam 15 menit. Philippine Airlines menurut saya biasa aja. Pesawat yang saya naiki tidak ada TV nya. Saya dapat duduk di 43K dekat jendela, ini merupakan posisi duduk favorit saya. Pramugarinya nggak cantik, malah menurut saya cantik dan modis Pramugari Cebu Pasific

Pengeluaran(Sabtu, Tgl 23 Nov 2019) = PHP 457(Rp 130.245)
1.    Naik Grabcar ke Bandara Mactan Cebu dari Hotel = PHP 318(Rp 90.630)+Tip PHP 32(Rp 9.120) = PHP 350(Rp 99.750)
2.    Beli 1 Buah Tempelan Kulkas Cebu di Island Souvenir Bandara Mac5an  = PHP 59(Rp 16.815)
3.    Beli Jolie Spicy di Jolibee Terminal 1 Bandara Mactan  = PHP 48(Rp 13.680)

Total Pengeluaran = PHP 2.752(Rp 1.497.125

Video selama di Cebu City

***LOVE TRAVELING***

Postingan populer dari blog ini

Bagusnya Pelayanan di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus

Saya adalah pengguna Asuransi Inhealth Mandiri. Di Klinik Cahaya Madani Ciganjur saya ke dokter gigi untuk melihat gigi bungsu atas kiri. Setelah dilihat gigi saya oleh dokter gigi. Dokter bilang disuruh cabut. Waduh seumur-umur saya belum pernah dicabut selain waktu kecil gigi saya mah copot sendiri, nggak pernah dicabut sama dokter gigi. Saya tanya ke dokter, bisa nggak ditambal aja? dokter bilang nggak bisa harus dicabut. Waduh saya takut. Sakit nggak ya kalau dicabut. Karena dokter gigi di klinik itu tidak dapat menangani kasus gigi yang saya alami maka saya diberi rujukan ke Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus. Sebelumnya saya tanya jadwal dokter gigi di RS tersebut. Ternyata jadwal ada di Hari Sabtu dari Jam = 17:00 - 20:00. Cocok nich, nggak perlu ijin nggak masuk kerja. Jadwal di hari lain ada yaitu : Senin - Selasa dari jam = 14:00 - 17:00 & Jum'at dari jam = 08:00 - 11:00 dan 15:00 - 20:00. Sebelum datang telpon ke RS terlebih dahulu untuk bikin janji karena pasiennya

Solo Backpacker ke Perth, Australia (13 - 17 Mei 2015)5 Hari 5 Malam

Semoga cerita saya ini masih berguna. Baru kesempatan ini saya usahakan menulis perjalanan saya ke Perth Australia bagian Selatan. Kenapa saya pilih Perth bukan Sydney or Melbourne yang lebih terkenal? Karena tiket pp pesawatnya murah. Pengeluaran tiket pesawat (pp) = Rp 2.579.303.   Airport tax AirAsia(Jakarta-Bali) = Rp 40.000.   A ir rport tax AirAsia(Bali-Perth) = Rp 200.000.   T iket pesawat AirAsia( Bandara Soetta - Denpasar)13 Mei 2015 = Rp 402.311.   Tike t pesawat Air Asia(Denpasar - Perth - Denpasar)14 Me i 2015 & 17 Mei 2015 = Rp 1.361.000 .   T iket pesawat AirAsia(Denpasar - Bandara Soetta) = Rp 575.992.   Saat itu saya bawa uang rupiah Rp 575.000 &  $AUD 570 (Rp 5.700.000) HARI KE-1(Rabu, 13 Mei 2015) Saya keluar dari kantor jam 17:20 WIB untuk menuju ke BTC (Bintaro Trade Center) saya jalan kaki aja. Lumayan jauh sich kalau bawa ransel yang lumayan berat. Sampai di Travel Xtrans jam = 17:35 WIB. Langsung dech saya beli tiketnya tujuan Bandar

Perbedaan Bakpia Kurnia Sari dengan Bakpiaku

Aku sebenarnya bukan penggemar Bakpia, tapi karena setiap tahun aku selalu pulang kampung di daerah Purworejo dan menginap di Yogyakarta. Yogyakarta adalah kota yang selalu ingin aku kunjungi berkali-kali tanpa bosan karena orangnya ramah-ramah. Mengenai Bakpia Kurnia Sari & Bakpiaku akan aku jabarkan dibawah ini mengenai harga & rasa : BAKPIA KURNIA SARI NO  RASA DAN ISI  HARGA PER DOS  BERAT  15 20 1 Kacang Hijau 30.000 40.000 600-750 gr 2 Kumbu Hitam 30.000 40.000  600-750 gr 3 Coklat 30.000 40.000  600-750 gr 4 Susu 30.000 40.000  600-750 gr 5 Kopi 30.000 40.000  600-750 gr 6 Keju 30.000 40.000  600-750 gr 7 Durian 40.000  600-750 gr 8 Green Tea 30.000  600-750 gr Alamat toko Bakpia Kurnia sari :   Jl. Glagahsari 97C Telp : 0274.380502 Jl. Glagahsari 112 Telp : 0274.375030 Ruko Permai Pogung Lor, Ring Road Utara No. 6 Telp : 0274.625729   15 20