Langsung ke konten utama

SOLO TRAVELING KE BOHOL, PHILIPINA(20 - 22 NOV 2019)

Sebelum hari H ke Philipina, saya selalu menukar uang rupiah ke Uang Peso(PHP) di TRITUNGGAL MONEY CHANGER di alamat Plaza Blok M Lt.2 No.233. Saya ada sisa uang Peso(PHP) tgl 19 Feb 2020 di angka 1 PHP = Rp 260. Saya tukar 860 PHP = Rp 223.600.

Tinggal 3 bulan lagi saya akan traveling ke Philipina. Tinggal 1 tiket lagi yang belum dibeli.  Belinya nunggu harga tiket murah dan jam nya cocok. Setiap hari saya selalu cek harga tiket pesawat di Traveloka. Plan A akan pilih penerbangan Manila ke Bohol bila harga tiket murah dan jam terbang cocok. Bila mendekati hari H belum ada juga yang cocok maka pindah ke Plan B pilih penerbangan Manila ke Cebu.

Karena cuti saya hanya ambil 3 hari kerja, liburan kali ini saya atur se-efisien mungkin.Mana aja yang sangat saya inginkan.

Tadinya mau beli tiket pesawat Philippine Airlines Manila ke Bohol di harga 550 ribu tapi jamnya sore, sayang waktu terbuang. Nggak jadi dech beli tiketnya. Naik Philippine Airlines nggak dapat bagasi, hanya bagasi kabin aja 7 kg, tv dan makanan saja. Kan jadi malas ya.

Tanpa pikir panjang, lihat harga murah dan jamnya pagi, langsung Selasa, tgl 03 Sept 2019 saya beli dech tiket pesawatnya untuk tgl 20 Nov 2019 tujuan Manila ke Bohol, jam terbang 09 pagi, naik pesawat Cebu Pasific, harga Rp 364.100(tidak bisa refund, tidak bisa reschedule, bagasi kabin 7kg). Bagasi bayar(20kg = Rp 108.809, 32kg = Rp 224.013, 40kg = Rp 352.021). Tapi saya tidak beli bagasi, sayang ah. Oh iya mau info, lebih baik beli bagasi saat pembelian tiket karena harganya murah dibanding beli bagasi saat web check-in atau check-in di Bandara.

HARI PERTAMA(RABU, TGL 20 NOV 2019)

SIM CARD LOKAL(GLOBE)

Selama ini bila saya traveling ke negara lain tidak pernah beli SIM Card lokal negara tersebut karena saya pikir buang-buang uang aja, saya hanya mengandalkan wifi gratis dari hotel atau restoran saja. Tapi kali ini saya beli karena di Bohol saya akan menyewa motor untuk keliling Bohol, jadinya saya harus beli nomor Philipina dech.

Menurut informasi yang saya dapat di internet, jaringan yang bagus sampai ke pelosok adalah SIM CARD GLOBE. Kounternya berada di pintu kedatangan. Saya lihat mahal banget ya harganya, paling murah 5GB harganya PHP 600(Rp 171.000). Saya bingung mau yang 5GB atau 10GB ya? takutnya 5GB tidak cukup, akhirnya saya pilih yang 10GB yang harganya PHP 1.000(Rp 285.000). Sebenarnya saya tidak rela sich ngeluarin uang sebesar itu tapi setelah saya pikir-pikir nggak apa-apa dech. yang penting saya tidak nyasar saat traveling saya selama 5 hari di Philipina.

CEBU PASIFIC AIRWAY

Saya baru pertama kali naik pesawat Cebu Pasific. Saya rencana setiap saya traveling ke negara yang baru saya kunjungi, akan naik maskapai negara tersebut. Dengan begitu saya akan banyak mendapatkan pengalaman baru dan seru pastinya.

Pesawat Cebu Pasific yang pertama kali saya naik adalah dari Jakarta ke Manila. Kesan pertama jadwal on-time. Kalau saya perhatikan, menurut saya ya, jadwal terbang pesawat ke Philipina jamnya bagus, jam terbang ada yang pagi banget, jadi explorenya bisa lebih lama. waktu cuti tidak terbuang percuma.

Nah ini yang tidak saya suka, Penerbangan saya ke-2 dengan Cebu Pasific dari Manila ke Bohol ternyata berubah jadwal tanpa memberitahu saya lewat email or telpon. Tahu-tahu saya tidak bisa check-in. Sebel banget kan. Info kek ke saya. Terus penerbangan saya dirubah ke jam 18 tanpa tanya dulu ke penumpangnya. Lah kan saya pilih penerbangan yang jam 9 agar sampai di Bohol saya bisa lebih banyak explorenya. Saya langsung komplain dong ke petugas Bandara Cebu Pasific, saya sangat keberatan kalau dipindah ke jam 18.  Akhirnya petugas bandara wanita bisa bantu merubah jam penerbangan saya ke jam 12 siang. Dengan kejadian tersebut berubah semua rencana saya dan menjadi berantakan jadwal yang sudah saya atur.

JOLLIBEE NAIA Terminal 3

Untuk menghabiskan waktu selama 6 jam di Bandara Ninoy Aquino(Manila) saya keliling Bandara aja sambil makan sarapan sekaligus makan siang di Restoran asal Philipina yaitu Jollibee NAIA 3 lantai 1. Saya pesan menu paketan, harganya PHP 133(Rp 37.905)

Saatnya saya masuk ke ruang tunggu. Penerbangan saya dari Manila ke Bohol naik Cebu Pasific dengan Nomor Penerbangan 5J 621, Gate Number 133B, Seat Number 4F(Dekat jendela). Saya paling suka duduk di dekat jendela, jadi bisa buat video saat pesawat take off dech.

Lama penerbangan dari Manila ke Bohol 1 jam 35 Menit. Cebu Pasific merupakan pesawat ekonomi jadi tidak ada TV/Hiburan, tidak dapat makan, tata kursi 3-3. di Penerbangan ini kru Cebu memberikan pertanyaan kepada penumpang, bagi yang bisa jawab akan diberikan hadiah. Ada 1 pertanyaan yang bisa saya jawab tapi saya tidak tunjuk tangan soalnya ragu-ragu hehehe.

AIRPORT BUS(BOHOL to DAO Terminal Bus)

Keluar  Bandara Panglao, saya melihat ada Aiport Bus. Dengan PD nya saya langsung naik tanpa tanya tujuannya kemana. Gila boo bisnya sudah penuh banget. tadinya ragu-ragu, naik atau nggak ya?Tunggu bis berikutnya aja kali ya. Tapi takutnya lama karena saya sudah ditunggu orang yang antar motor di Dao Terminal Bus. Nggak enak nanti dia nunggu lama. Akhirnya dengan berdesak-desakan saya paksakan naik bis itu.

Lama perjalanan sampai ke Terminal bis DAO sekitar 45 menit. Ternyata bis ini tujuan akhirnya adalah Terminal DAO. Terminal DAO bersebrangan dengan Island City Mall.

HEY JOE MOTORCYCLE RENTAL

Saya agak kesulitan bertemu dengan anak pemilik motor yang saya sewa karena saya tidak punya pulsa untuk telpon anaknya yang namanya Reny(Cowok). Ternyata dia ada di sebrang terminal. Dia yang pertama melihat saya.

Saya sewa motor dengan Ibu Jescel, Nama Rentalnya HEY JOE(Hp : +63 920-582-1355 atau +63 915-278-1949, boholmotorcycle.com, mikeislandrentalmotorcycle.com, firsttimothy2@hotmail.com, encargesjescel@yahoo.com). Bila sewa dengan dia, harga sewa paling murah Motor MIO, sehari PHP 450(Rp 128.250). Bila sewa 2 hari tidak dikenakan biaya antar. Bila hanya 1 hari sewa, biaya antar PHP 200(Rp 57.000). Motor yang disewa sudah di isi bensin full, tapi saat kita mengembalikannya harus di isi full juga.

MOON FOOLS HOSTEL

Tadinya bila sampai Bohol siang, rencana saya akan keliling Tagbilaran dulu sebelum ke Hostel di Alona Beach. Karena sudah sore, saya langsung menuju ke Hostel karena sudah lelah. Naik motor dari Terminal Bis DAO(Tagbilaran) ke Moon Fools Hostel(Alona Beach) ditempuh selama 30 Menit. Saya menggunakan WAZE sebagai panduan saya ke sana. jalannya lurus aja, tidak ada macet, tidak ada lampu merah. enak sepi dan pemandangan enak. Saya melewati Bandara Panglao.

Lokasi Hostelnya strategis banget ternyata, berada di pinggir jalan besar. Berada di sebelah kiri. Bila mau ke Alona Beach bisa kok jalan kaki. Saya tepat pilih Hostel ini. Saya booking di AGODA yang pembayarannya dipotong saat tgl 16 Nov 2019. Saya booking tgl 08 Okt 2019. Harga semalam Rp 148.629. Fasilitas : Sarapan sederhana dengan Roti tawar, Sereal(Ada pisang ambon), minuman panas dan dingin(Ada Kopi, Teh & Susu), Loker(Gembok bawa sendiri), handuk, selimut, charger setiap kamar dorm, tidak ada TV, tidak dapat sikat gigi+odol+sabun.

Saya sampai di Hostel jam 17 sore.  Saat check-in diminta deposit PHP 500(Rp 142.500). Deposit akan dikembalikan saat kita check-out. saya diberikan kunci access kamar dorm dan loker tanpa gembok, jadi gembok bawa sendiri. Pegawainya ramah. Saya langsung taruh ransel saya di loker dan naik ke tempat tidur untuk istirahat sebentar.

Teman sekamar saya wanita semua. cewek bule dan cewek korea sepertinya. Sekitar jam 18:30 saya keluar mau ke Alona Beach dan cari restoran halal untuk makan malam. Ternyata di area Alona Beach motor tidak boleh masuk. Jadi saya parkir yang gratis aja di 8 CUBE MALL Tawala Panglao Bohol.

ALONA BEACH

Alona Beach adalah pantai terkenal di Panglao. Pantai ini merupakan pusatnya hiburan dan para turis dari berbagai negara datang ke Panglao. Banyak hotel dan restoran. Turis bisa melakukan kegiatan berenang, jalan-jalan dipinggir pantai dan lain-lain.

di Area Alona Beach ada 7-ELEVEN, Mcdonal dan restoran lainnya. Untuk mencari restoran halal sangat sulit di Panglao. Saya lupa bawa odol, jadinya saya beli odol kecil merk COLGATE 125ml(PHP 44 = Rp 12.540). Mahal ya boo.

ISLAND SOUVENIR(8 CUBE MALL, TAWALA PANGLAO)

di Bohol banyak toko Island Souvenir. Yang saya ketahui, ada di Pinggir jalan dekat pintu masuk Alona Beach, di 8 CUBE MALL Tawala Panglao & di Island City Mall.

Sebelum ke Alona Beach saya beli kaos cewek buat diri sendiri warna putih yang paling murah, harganya PHP 199,75(Rp 56.928).

THE BUZZ CAFE(Alona Beach)

Lelah setelah keliling di pinggiran Alona Beach, saya berhenti di The Buzz Cafe yang berada di pinggir Alona Beach. Restoran ini halal. Saya minta ke pegawainya menunya, saya lihat menunya dan pilihan jatuh ke menu Soup Seafood(PHP 264 = Rp 75.240) + Rice(PHP 44 = Rp 12.540) + Mineral Water 500ml(PHP 33 = Rp 9.405), Total = PHP 341(Rp 97.185).

Sebelum pesanan saya datang, pembeli diberikan gratis berupa roti+krupuk dengan saos khusus. saya tidak suka rasanya. saya makan hanya rotinya aja. Porsi Soup Seafoodnya besar banget. saya menghabiskannya pelan-pelan. restorannya berada di lantai atas, bawah menjual madu dan lain-lain. Tadinya saya pilih area yang diluar agar bisa lihat pantai dengan jelas tanpa halangan, tapi kok hawanya panas. Akhirnya saya pindah ke area non smoking yang pakai AC. baru disini tidak gerah. Masih tetap bisa lihat pantai kok.

Selesai makan saya balik ke hostel dech. langsung masuk ke kamar dan istirahat. Niatnya hanya istirahat sebentar dan mandinya nanti. Mungkin karena saking lelahnya saya ketiduran sampai pagi. wah nggak mandi dong semalam.

Pengeluaran(Rabu, Tgl 20 Nov 2019) = PHP 2.988(Rp 1.215.680)
01. Tiket pesawat Cebu Pacific(Manila - Bohol) untuk tgl 20 Nov 2019 = Rp 364.100
02. Beli sim card  Globe 10GB = PHP 1.000(Rp 285.000)
03. Makan pagi menjelang siang di Jolibee Bandara Manila = PHP 133(Rp 37.905)
04. Bis Bandara ke terminal bus Dao = PHP 50(Rp 14.250)
05. Sewa motor 2 hari = PHP 900(Rp 256.500)
06. Deposit Hostel = PHP 500(Rp 142.500)
07. Beli Buah = PHP 150(Rp 42.750)
08. Makan Malam = PHP 341(Rp 97.185)
09. Beli kaos di Island Souvenir 8 Cube Mall = PHP 200(Rp 57.000)
10. Beli Odol di 7-Eleven  Alona Beach = PHP 44(Rp 12.540)
11. Es krim Mangga = PHP 120(Rp 34.200)

HARI KEDUA(KAMIS, TGL 21 NOV 2019)

di Hari ke-2 di Bohol saya bangun pagi karena waktu bagi saya sangat berharga. Sekitar jam 06 pagi saya keluar hostel dengan naik motor untuk lihat pantai dan main air di pinggir pantai.

Karena tidak boleh parkir sembarangan saya parkir di RUE DE PREMIERE. Bayar PHP 50(Rp 14.250) untuk seharian sich. Tapi saya hanya parkir untuk 1 jam saja. Pagi itu banyak turis yang naik perahu kayu untuk hopping island Panglao. Tadinya saya mau ikutan tapi karena waktu saya hanya sebentar di Panglao, jadinya tidak ambil paket snorkling dech. Sebenarnya sayang banget sich tapi bagaimana lagi. ini sudah pilihan saya.

Setelah puas main air di Alona Beach, saya balik ke Hostel. Sebelum mandi dan packing saya sarapan dulu. Saya ambil 4 lembar roti tawar di isi dengan selai kacang dan di rotinya dibakar. Saya bikin minum teh tarik dan air putih.

Setelah kenyang saya mandi dech. terus packing diatas tempat tidur saya karena dilantai sudah penuh dengan ransel milik teman sekamar saya. Sekitar jam 9 pagi saya check-out. Kali ini pegawainya ganti. Uang deposit saya dikembalikan.

Untuk menuju ke hotel berikutnya di Tagbilaran saya tidak menggunakan bantuan Waze karena mudah kok jalannya lurus aja. Menggunakan Waze setelah saya sudah tiba di jembatan Tagbilaran. Tapi saya kok heran, kenapa saya tidak melewati Bandara Panglao ya? padahal saat berangkat saya melewatinya. Tapi alhamdulilah saya sampai juga kok di kota Tagbilaran tanpa mengalamai hambatan nyasar.

REDDOORZ NEAR RAMIRO COMMUNITY HOSPITAL

Saya tahu peraturannya, setiap hotel waktu check-in adalah jam 14 sore. Saya sampai di Reddoorz sekitar jam 09:30. Saya langsung bilang ke resepsionis untuk menitip ransel saya dan dibolehkan.

Selesai menitip ransel, saya langsung menuju ke tujuan saya yaitu DANAO ADVENTURE PARK. Sayang banget saat itu cuaca awan sedang mendung, sebenarnya saya ragu-ragu, jadi nggak ya kesana. Benar saja ditengah perjalanan turun hujan. Saat itu saya masih bertahan untuk tetap maju. Tapi karena hujan makin besar, saya urungkan niat saya kesana. Dalam hati sedih hati ini tidak bisa mencoba permainan yang penuh tantangan dan tidak bisa lihat Chocolate Hills dari dekat. di sepanjang perjalanan saya mencari yang menjual jas hujan murah tapi tidak ada. di Penyewaan motor tidak diberikan jas hujan. Tadinya mau bawa jas hujan dari Jakarta tapi setelah dipikir-pikir saya malas bawa karena berat. Sedangkan saya tidak berniat beli bagasi.

Akhirnya saya putuskan kembali ke Kota Tagbilaran. Saya ke Island City Mall saja keliling Mall.

ISLAND CITY MALL

di Mall ini saya cari Restoran Halal dulu karena perut ini mulai lapar. Susah ya cari restoran halal disini. Sebenarnya ingin banget mencoba makanan khas Philipina tapi karena kendala halal akhirnya tidak bisa explore makanannya.

THE BUZZ CAFE(Island City Mall)

Akhirnya pilihan jatuh ke The Buzz Cafe lagi. Bosen sich tapi itu sudah pilihan saya. Saya minta list menu ke pegawainya, pegawai cowoknya ganteng dan ramah dech.

Pengeluaran(Kamis, Tgl 21 Nov 2019) = PHP 1.754(Rp 499.890)
01. Bayar parkir ke Alona Beach = PHP 50(Rp 14.250)
02. Beli tiket ocean jet ke cebu = PHP 470(Rp 133.950)
03. Beli Micro SD = PHP 389(Rp 110.865)
04. Beli charger = PHP  250(Rp 71.250)
05. Makan siang di The Buzzz Cafe Island City Mall = PHP 290(Rp 82.650)
06. Makan Malam di Al Fresco = PHP 305(Rp 86.925)

HARI KE-3(JUM'AT, 22 NOV 2019)

OCEANJET

Jadwal kapal saya hari ini jam 10:40.  Saya check-out jam 09:15. Jarak Pelabuhan Tagbilaran sekitar 800 m, naik motor sekitar 6 menit. Waduh ruang tunggunya penuh ya boo. Nggak ada bangku. Saya aja berdiri. Kqpalnya dari luar keren. Saya pilih duduk di atas, biar bisa lihat laut. Nggak berapa lama eeh hujan lebat. Sedih dech. Semoga di Cebu tidak hujan. Amin. Saya duduk di 48-D. Jarak antar kursi sempit. Tas ransel aku nggak bisa ditaruh dibawah dech. Untung sebelah aku hanya ada 1 orang ibu Pinos. Bisa duduk sendiri dech ransel aku.

Pengeluaran(Jum'at, Tgl 22 Nov 2019) = PHP 150(Rp 42.750)
Bayar bensin ke penyewa motor = PHP 150(Rp 42.750)

Postingan populer dari blog ini

Bagusnya Pelayanan di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus

Saya adalah pengguna Asuransi Inhealth Mandiri. Di Klinik Cahaya Madani Ciganjur saya ke dokter gigi untuk melihat gigi bungsu atas kiri. Setelah dilihat gigi saya oleh dokter gigi. Dokter bilang disuruh cabut. Waduh seumur-umur saya belum pernah dicabut selain waktu kecil gigi saya mah copot sendiri, nggak pernah dicabut sama dokter gigi. Saya tanya ke dokter, bisa nggak ditambal aja? dokter bilang nggak bisa harus dicabut. Waduh saya takut. Sakit nggak ya kalau dicabut. Karena dokter gigi di klinik itu tidak dapat menangani kasus gigi yang saya alami maka saya diberi rujukan ke Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus. Sebelumnya saya tanya jadwal dokter gigi di RS tersebut. Ternyata jadwal ada di Hari Sabtu dari Jam = 17:00 - 20:00. Cocok nich, nggak perlu ijin nggak masuk kerja. Jadwal di hari lain ada yaitu : Senin - Selasa dari jam = 14:00 - 17:00 & Jum'at dari jam = 08:00 - 11:00 dan 15:00 - 20:00. Sebelum datang telpon ke RS terlebih dahulu untuk bikin janji karena pasiennya

Solo Backpacker ke Perth, Australia (13 - 17 Mei 2015)5 Hari 5 Malam

Semoga cerita saya ini masih berguna. Baru kesempatan ini saya usahakan menulis perjalanan saya ke Perth Australia bagian Selatan. Kenapa saya pilih Perth bukan Sydney or Melbourne yang lebih terkenal? Karena tiket pp pesawatnya murah. Pengeluaran tiket pesawat (pp) = Rp 2.579.303.   Airport tax AirAsia(Jakarta-Bali) = Rp 40.000.   A ir rport tax AirAsia(Bali-Perth) = Rp 200.000.   T iket pesawat AirAsia( Bandara Soetta - Denpasar)13 Mei 2015 = Rp 402.311.   Tike t pesawat Air Asia(Denpasar - Perth - Denpasar)14 Me i 2015 & 17 Mei 2015 = Rp 1.361.000 .   T iket pesawat AirAsia(Denpasar - Bandara Soetta) = Rp 575.992.   Saat itu saya bawa uang rupiah Rp 575.000 &  $AUD 570 (Rp 5.700.000) HARI KE-1(Rabu, 13 Mei 2015) Saya keluar dari kantor jam 17:20 WIB untuk menuju ke BTC (Bintaro Trade Center) saya jalan kaki aja. Lumayan jauh sich kalau bawa ransel yang lumayan berat. Sampai di Travel Xtrans jam = 17:35 WIB. Langsung dech saya beli tiketnya tujuan Bandar

Perbedaan Bakpia Kurnia Sari dengan Bakpiaku

Aku sebenarnya bukan penggemar Bakpia, tapi karena setiap tahun aku selalu pulang kampung di daerah Purworejo dan menginap di Yogyakarta. Yogyakarta adalah kota yang selalu ingin aku kunjungi berkali-kali tanpa bosan karena orangnya ramah-ramah. Mengenai Bakpia Kurnia Sari & Bakpiaku akan aku jabarkan dibawah ini mengenai harga & rasa : BAKPIA KURNIA SARI NO  RASA DAN ISI  HARGA PER DOS  BERAT  15 20 1 Kacang Hijau 30.000 40.000 600-750 gr 2 Kumbu Hitam 30.000 40.000  600-750 gr 3 Coklat 30.000 40.000  600-750 gr 4 Susu 30.000 40.000  600-750 gr 5 Kopi 30.000 40.000  600-750 gr 6 Keju 30.000 40.000  600-750 gr 7 Durian 40.000  600-750 gr 8 Green Tea 30.000  600-750 gr Alamat toko Bakpia Kurnia sari :   Jl. Glagahsari 97C Telp : 0274.380502 Jl. Glagahsari 112 Telp : 0274.375030 Ruko Permai Pogung Lor, Ring Road Utara No. 6 Telp : 0274.625729   15 20