Langsung ke konten utama

Solo Touring ke Taman Safari Bogor (25 - 27 Okt 2018

HARI KE-1 (Kamis, Tgl 25 Okt 2018)

Sebenarnya ini niat nggak niat sich solo touring ke Taman Safari. Rencana awal mau ke Kuala Lumpur karena mau nyobain naik pesawat MAS & KLM. Tiket MAS untuk pulang sudah dibeli tapi tiket berangkat belum.Karena tiket KLM untuk berangkat mahal maka niat ke KL nggak jadi. Saya reschedule aja buat nanti Apr 2019 saja.

Setiap saya akan melakukan traveling, saya selalu melakukannya sendiri. Lebih enak sendiri. Bila hati ini ingin jalan ya udah do it. Tanpa ada ba bi bu. Langsung jalan aja. Lebih enak. Nggak ada yang komplain, nggak ada yang gerutu, nggak ada yang bawel/cerewet, Jadi ya sesuka hati saya aja.

Sebenarnya niat untuk Solo Touring ini sudah lama direncanakan tapi belum tahu kapan akan dilaksanakan. Di kesempatan ini baru terlaksana. Saya suka banget dengan adventure. Kenapa saya menyebutnya Solo Touring?karena naik motor ke tempat yang jauh hanya sendiri. Saya pilih sendiri karena saya paling nggak suka kalau touring bareng teman, mereka tuh bawa motornya pada ngebut, saling tunggu-tungguan. Pasti cowok orangnya nggak sabaran. Saya bawa motornya di kecepatan 40km/jam saja. Saya suka sambil menikmati pemandangan yang saya lewati.Santai aja bro, ngapain sich buru-buru.

Karena ragu-ragu akhirnya saya baru berangkat dari rumah jam 09:30. Dari rumah sampai pertigaan Sentul saya tidak mengandalkan Google Map. Baru di Pertigaan Sentul baru saya mengandalkan Google Map. Sempat nyasar karena ikutin kata masnya kalau lebih dekat lewat Bukit Pelangi karena arah yang di info dari Google map jalannya kecil dan rusak. Saya bingung bila mengikuti kata orang. Ya udah akhirnya balik lagi dengan mengandalkan Google Map aja.

Akhirnya sampai juga saya ke Taman Safari. Lama perjalanan pakai nyasar ditempuh sekitar 3 jam 30 menit. Karena sampai Taman Safari sudah agak sore jam 14:00, saya urungkan niat masuk ke Taman Safari karena waktunya pendek. Kan sayang udah bayar mahal masa cuma sebentar.

SURVEI KE TAMAN SAFARI CISARUA, BOGOR

Karena sampai di Taman Safari sudah sore jam 14:00, saya hanya lihat-lihat aja jalanan menuju ke Taman Safari Cisarua. Perut lapar, saya mampir aja ke warung bakso dan Soto sebrang hotel bagus. Makan siang dgn Bakso (Rp 12.000)+Es Teh Manis(Rp 4.000)+risol 1(Rp 1.000) = Rp 17.000.

SURVEI KE SITAMIANG
Hotel ini terletak pas pintu masuk gang menuju ke Taman Safari Bogor. Kl mau ke arah Taman Safari ada disebelah kanan. Harga weekday paling murah ada sekitar Rp 100.000.  Saya nggak sreg dengan kamarnya. Jadi nggak pilih hotel ini.

METROPOLE HOTEL
Alamat : Jalan Raya Puncak Km 81, Cisarua Puncak Jawa Barat
Telp : (0251)-8298647
Email : metropole14@yahoo.com
Info kamar yang saya inap :
  • Harga per malam = Rp 150.000
  • Letak strategis dekat pinggir jalan. Kalau yang nggak suka keramain
  • Dekat dari pusat keramaian.
  • Fasilitas : Wifi(kecepatan sedang), TV LED 24 Inch, air minum di teko, Kamar mandi dalam, Tidak ada AC.
  • Colokan hanya ada 1 diatas samping kiri TV.
Di hotel ini ada kamar yang paling murah saat weekday yaitu sekitar Rp 100.000/malam.

SURVEI KE PARAMA HOTEL PUNCAK
Alamat :

• Pegawai resepsionia kurang ramah.
  • Harga weekday paling murah jenis kamar Standar Rp 305.000 tanpa sarapan, dengan sarapan harga jadi Rp 405.000(Bila booking langsung di hotelnya). Bila booking lewat Traveloka harga dgn jenis kamar sama lebih murah sekitar Rp 290.000.
  • Faslitas : Ada kolam renang dengan perosotan seperti di Waterboom,
  • Lokasi strategis dekat dengan jalan raya dekat ke tempat rekreasi.
Saya melakukan banyak survei hotel tujuannya untuk pindah hotel buat besok dan juga untuk nanti rencana mau ajak mama, Bu Lek Umi dan keluarga Fajar jalan-jalan ke Puncak tahun depan (2019).

Setelah saya timbang-timbang untuk hotel besok, akhirnya saya putuskan tidak jadi pindah hotel dengan pertimbangan sayang dengan selisih biaya sekitar 150 ribuan. Nanti aja pas ajak keluarga baru menginap di hotel bagusan.

Pengeluaran Hari ke-1 = Rp 232.000.

1. Beli bensin di Pom Bensin Timbul = Rp 15.000.
  2. Beli bensin di eceran daerah Bukit Pelangi = Rp 10.000.
  3. Makan siang dgn Bakso (Rp 12.000)+Es Teh Manis(Rp 4.000)+risol 1(Rp 1.000) = Rp 17.000.
  4. Bayar Hotel di Metropole Hotel untuk semalam = Rp 150.000.
  5. Makan sore menjelang malam di RM Padang Pondok Indah Raya 5 = Rp 29.000=>Nasi(Rp 4.000)+Mujair goreng(Rp 16.000)+Es Teh Manis(Rp 7.000)+Tax 10%
  6. Beli sandal jepit di warung pinggir jalan = Rp 11.000.
HARI KE-2 (Jum'at, Tgl 26 Okt 2018)

Pagi hari ke-2 saya bangun jam 05:30. Jam 06 pagi saya ke Pasar Cisarua yng dekat dari hotel. Saya jalan kaki aja. Di pasar saya tidak menemukan apa-apa. Akhirnya untuk sarapan pagi saya pilih nasi+lauk telor dadar+bihun goreng+tempe orik harga semua Rp 10.000 saja. Saya beli di sebrang Pasae Cisarua. Saya bungkus aja soalnya tempat buat makan ditempat kecil, sudah ada 2 cowok. Saya makannya di hotel saja. Selesai sarapan mandi dech saya.

TAMAN SAFARI CISARUA, BOGOR

Tujuan hari ini saya adalah ke Taman Safari Bogor, tujuan utamanya mau lihat Panda. Saya berangkat dari hotel sekitar jam 08:30. Dekat kok jaraknya dari hotel. Di gerbang masuk saya langaung bayar tiket masuk dewasa dengan harga weekday per orang Rp 195.000. Bayar parkir motor Rp 10.000. Yang dikenakan bayar adalah usia >6 thn. Dibawah itu gratis.

Setelah bayar saya parkir motor di area yang sudah ditentukan yaitu ada disebelah kiri. Lanjut saya menuju ke halte bus keliling. Saya duduk di bangku yang ada. Nggak berapa lama bus zebra datang. Saya pilih duduk paling depan belakang supir agar bisa lihat hewan-hewan koleksi dari Taman Safari Bogor.

ISTANA PANDA

Selesai lihat hewan. Saya langsung menuju ke Istana Panda. Istana Panda berada paling atas. Saya jalan kaki sekitar 1 KM dengan mengikuti petunjuk arah dan juga tanya ke petugas. Jalannya lumayan jauh ya boo. Saya mah jalannya pelan aja. Santai aja bro sekalian menikmati pemandangan yang ada di sekelilingnya. Mobil pribadi hanya bisa sampai di Parkir G saja. Sisanya bagi pengunjung yang akan ke Istana Panda naik bus khusus gratis yang sudah disediakan.

Sekali lagi saya duduk paling depan agar bebas melihat yang ada di depan. Karena masih pagi jadi tidak perlu antri. Saya berada di Istana Panda selama 3 jam. Pulangnya naik bis gratis lagi. Walah ternyata pengunjung yang akan ke Istana Panda banyak banget boo. Sampai antri. Padahal hari Jum'at loh weekday bukan Sabtu/Minggu Weekend. Lebih parah kali ya kalau Weekend.

Di Taman Safari banyak permainan seperti yang ada di Dufan. Saya ingin naik permainannya tapi kok nggak ada orang. Peminatnya nggak ada. Padahal saya ingin banget naik rollercoaster mini. Serba salah dech. Weekday enak karen pengunjungnya sedikit tapi jeleknya banyak permainan yang tidak beroperasi. Didalam Taman Safari ini ada Waterboomnya tapi kalau mau kesana pengunjung harus bayar lagi sekitar Rp 25.000. Saat itu Waterboomnya nggak ada satupun pengunjungnya. Sepi.

Aku kebelet pipis lagi nich. Soalnya hawanya dingin. Selesai ke toilet depan. Saya tanya

PUNCAK
Setelah puas selama di Taman Safari Cisarua Bogor. Saya balik aja ke hotel untuk ganti baju dan istirahat sebentar. Cukup rehatnya saya lanjut dech jalab-jalan naik motor sendiri ke puncak yang ke arah Cianjur.

Pemandangan sekitar bagus banget. Sejuk, indah dan dingin boo. Saya pelan-pelan aja bawa motornya sambil menikmati pemandangab yang Allah berikan. Kalau pengendara lain mah pada ngebut.

Pengeluaran Hari ke-2 = Rp 605.000

1. Beli nasi+lauk buat sarapan = Rp 10.000.
  2. Ongkos angkot Pasar ke hotel = Rp 3.000.
  3. Bayar Hotel di Metropole Hotel untuk semalam = Rp 150.000.
  4. Tiket masuk untuk dewasa ke Taman Safari = Rp 195.000.
  5. Parkir motor di Taman Safari = Rp 10.000.
  6. Beli pegangan HP di Istana Panda = Rp 75.000
  7. Beli 1 es krim wall(Rp 6.000)+ 1 teh botol kotak(Rp 7.000) = Rp 13.000.
  8. Beli 1 kaos tanpa lengan di puncak untuk Fajar = Rp 35.000.
  9. Beli oleh-oleh(Sebelah kanan toko ke-3) = 1/2Kg Kripik tempe(Rp 25.000), 1/2Kg Kripik Bayem(Rp 25.000), 2Kg Peuyem (Rp 25.000) = Rp 75.000.
  10. Jajan di Indomaret sebrang hotel = 1 Permen Frozz+1 Chiki = Rp 13.000.
  11. Beli gorengan depan Indomaret untuk pegawai hotel = Rp 11.000.
  12. Beli Nasi goreng+Telor Dadar depan hotel = Rp 15.000.
HARI KE-3(Sabtu, Tgl 27 Okt 2018)

PERKEBUNAN TEH GUNUNG MAS

Di Kawasan Perkebunan Teh Gunung Mas, saya masuk gratid tanpa diminta tiket masuk karena saya bilang ke petugasnya hanya beli Teh saja. Saya parkir motor saya di samping toko souvenir. Saya lihat-lihat ke toko souvenir, kali aja ada yang menarik dan murah. Saya nggak beli karena tidak sesuai dan harganya mahal.

Lanjut dech ke Restoran. Karena saya datangnya kepagian. Jadi menu belum ada yang matang. Saya hanya beli Teh Celup Merk Walini. Harga 1 kotak isi 25 pcs sekitar Rp 14.000 saja. Borong dech saya.

SURVEI KE HOTEL JAYAKARTA

Sebelum balik ke hotel. Mampir dulu ke Hotel Jayakarta. Letak hotelnya tidak strategis, masih masuk ke dalam lagi yang akses jalannya kecil. Mobil pribadi masih bisa masuk tapi kalau bis besar tidak bisa masuk.

Saya check-out sekitar jam = 11:45 WIB. Ya kok nggak ada pegawai yg saat aku check-in. Kan niatnya mau foto bareng buat kenang-kenangan. Gagal dech.

Saya salah ambil jalan. Harusnya gang depan lagi. Andalan saya adalah google map. Saya ngerasa kayaknya nyasar karena lewatin Aries Hotel. Benar ternyata saya nyasar. Saya diarahin sama google map balik lagi ke jalan raya puncak. Weleh-weleh.

Allah baik banget boo sabtu gang kecil aja macet. Bis besar sich maksain banget lewat jalan kecil. Jadi bikin sama saya. Pas saya lewat Sentul tidak hujan, padahal sebelumnya hujan. Saya sich baik musim hujan ataupun tidak selalu bawa jas hujan kok.  Nggak berat dan repot kok setiap hari bawa jas hujan. Kan saya taruh di jok motor. Saya nyasar sekitar 1 jam lamanya. Parah macet.

BAKMI JAWA
Sekitar jam 15:30 saya istirahat sekalian makan siang di Bakmi Jawa. 30 menit saya istirahat dan makannya. Setelah itu lanjut pulang ke Ciganjur. Sampai Ciganjur sekitar jam 17:00 WIB.

Pas banget saya sampai rumah hujan turun dengan derasnya. Alhamdulilah sudah sampai rumah. Terima kasih Allah atas karuniamu sehingga saya selamat sampai rumah dan tidak kehujanan.

Pengeluaran Hari ke-3 = Rp 159.000

1. Beli oleh-oleh Teh Walini di Gunung Mas sebanyak 7 buah  = Rp 99.000.
  2. Sarapan Bubur Ayam Cianjur sebrang Royal Safari Hotel = Rp 14.000.
  3. Isi bensin Pertalite di Sentul = Rp 15.000.
  4. Makan siang menjelang sore jam 16:30 di Bakmi Jawa di Cibinong = Rp 31.000.
Total Pengeluaran = Rp 996.000.

Postingan populer dari blog ini

Bagusnya Pelayanan di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus

Saya adalah pengguna Asuransi Inhealth Mandiri. Di Klinik Cahaya Madani Ciganjur saya ke dokter gigi untuk melihat gigi bungsu atas kiri. Setelah dilihat gigi saya oleh dokter gigi. Dokter bilang disuruh cabut. Waduh seumur-umur saya belum pernah dicabut selain waktu kecil gigi saya mah copot sendiri, nggak pernah dicabut sama dokter gigi. Saya tanya ke dokter, bisa nggak ditambal aja? dokter bilang nggak bisa harus dicabut. Waduh saya takut. Sakit nggak ya kalau dicabut. Karena dokter gigi di klinik itu tidak dapat menangani kasus gigi yang saya alami maka saya diberi rujukan ke Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus. Sebelumnya saya tanya jadwal dokter gigi di RS tersebut. Ternyata jadwal ada di Hari Sabtu dari Jam = 17:00 - 20:00. Cocok nich, nggak perlu ijin nggak masuk kerja. Jadwal di hari lain ada yaitu : Senin - Selasa dari jam = 14:00 - 17:00 & Jum'at dari jam = 08:00 - 11:00 dan 15:00 - 20:00. Sebelum datang telpon ke RS terlebih dahulu untuk bikin janji karena pasiennya

Solo Backpacker ke Perth, Australia (13 - 17 Mei 2015)5 Hari 5 Malam

Semoga cerita saya ini masih berguna. Baru kesempatan ini saya usahakan menulis perjalanan saya ke Perth Australia bagian Selatan. Kenapa saya pilih Perth bukan Sydney or Melbourne yang lebih terkenal? Karena tiket pp pesawatnya murah. Pengeluaran tiket pesawat (pp) = Rp 2.579.303.   Airport tax AirAsia(Jakarta-Bali) = Rp 40.000.   A ir rport tax AirAsia(Bali-Perth) = Rp 200.000.   T iket pesawat AirAsia( Bandara Soetta - Denpasar)13 Mei 2015 = Rp 402.311.   Tike t pesawat Air Asia(Denpasar - Perth - Denpasar)14 Me i 2015 & 17 Mei 2015 = Rp 1.361.000 .   T iket pesawat AirAsia(Denpasar - Bandara Soetta) = Rp 575.992.   Saat itu saya bawa uang rupiah Rp 575.000 &  $AUD 570 (Rp 5.700.000) HARI KE-1(Rabu, 13 Mei 2015) Saya keluar dari kantor jam 17:20 WIB untuk menuju ke BTC (Bintaro Trade Center) saya jalan kaki aja. Lumayan jauh sich kalau bawa ransel yang lumayan berat. Sampai di Travel Xtrans jam = 17:35 WIB. Langsung dech saya beli tiketnya tujuan Bandar

Perbedaan Bakpia Kurnia Sari dengan Bakpiaku

Aku sebenarnya bukan penggemar Bakpia, tapi karena setiap tahun aku selalu pulang kampung di daerah Purworejo dan menginap di Yogyakarta. Yogyakarta adalah kota yang selalu ingin aku kunjungi berkali-kali tanpa bosan karena orangnya ramah-ramah. Mengenai Bakpia Kurnia Sari & Bakpiaku akan aku jabarkan dibawah ini mengenai harga & rasa : BAKPIA KURNIA SARI NO  RASA DAN ISI  HARGA PER DOS  BERAT  15 20 1 Kacang Hijau 30.000 40.000 600-750 gr 2 Kumbu Hitam 30.000 40.000  600-750 gr 3 Coklat 30.000 40.000  600-750 gr 4 Susu 30.000 40.000  600-750 gr 5 Kopi 30.000 40.000  600-750 gr 6 Keju 30.000 40.000  600-750 gr 7 Durian 40.000  600-750 gr 8 Green Tea 30.000  600-750 gr Alamat toko Bakpia Kurnia sari :   Jl. Glagahsari 97C Telp : 0274.380502 Jl. Glagahsari 112 Telp : 0274.375030 Ruko Permai Pogung Lor, Ring Road Utara No. 6 Telp : 0274.625729   15 20