Langsung ke konten utama

Ngetrip Bareng Teman Baru ke Flores Selama 8 Hari 8 Malam(07 - 14 Sept 2016)

Traveling kali ini aku bareng 5 teman baru, 3 Cewek & 2 Cowok. Namanya : Titiani Risca, Aan Nirmala, Irma, Nusa & Imam. Oh ya sebelum dapat eman baru, aku ajak Sahabat aku yaitu Danny & Keke tapi mereka tidak mau traveling ke Flores karena butuh biaya yang banyak. Emang sich butuh biaya kira-kira 5 Juta. Pesawat ke daerah Timur memang harganya mahal-mahal boo dibandingkan tiket pesawat ke Singapore yang pp nggak sampai 1 juta. Tapi aku cinta Indonesia. Indonesia itu sangat indah.
Karena sahabat aku pada nggak bisa ikut traveling ke Flores, akhirnya aku email ke milis yang aku ikuti yaitu indobackpacker@yahoogroups.com untuk cari teman jalan bareng ke Flores. Karena setelah aku baca-baca di Internet biaya di Flores itu mahal baik itu sewa mobil, sewa perahu di Labuan Bajo maupun hotelnya. Untuk naik kendaraan umum akan butuh waktu yang sangat lama karena medan di Flores itu sangat berat. Sedangkan aku tidak banyak waktu cutinya. Ya udah akhirnya aku email ke indobackpacker@yahoogroups.com pada tgl. 30 Mar 2016. Setalah email itu ada dech 5 orang teman baru yang mau gabung sama aku. Hatiku senang banget punya teman jalan.
Pertemuan pertama kita lakukan di Restoran yang ada di Fx Senayan. Saat itu hanya 2 orang saja yang bertemu sama aku, yaitu : Nusa(Cowok) & Titiani(Cewek).  Pertemuan pertama kita diskusi tempat apa aja yang akan dikunjungi. Kalau aku sich ingin ke Danau Kelimutu & Labuan Bajo, sedangkan Nusa ingin ke Waerebo. Sedangkan Titi ingin ke Labuan Bajo. Setelah diskusi kita putuskan akan ke semua tempat tersebut dan waktu yang dibutuhkan adalah selama 8 Hari 8 malam. Sejak saat itu kita bagi tugas. Aku bagian cari Hotel murah dan Sewa Perahu di Labuan Bajo & 17 Riung, Titi bagian Sewa Mobil.
Aku browsing-browsing di Internet tentang Sewa Perahu di Riung dan Labuan Bajo juga hotel di Flores, Akhirnya dapat dech. Titiani juga sudah dapat Sewa mobil yang murah bukan yang paling murah hehehe.
Kita janjian untuk ketemu yang ke-2 kali yaitu ketemuan di Pasar Festival dan yang datang kali ini tambah 2 orang yaitu : Irma & Imam. Irma adalah pacar dari Nusa. Di pertemuan ke-2 itu kita putuskan sewa mobil yang dari Titi, Sewa Perahu & Hotel dari aku. Pertemuan ke-2 ini mereka pada telat. Bete dech aku.
Pertemuan ke-3 dan yang terakhir sebelum kita jalan bareng ke Flores diadakan di Daerah Thamrin. Kali inipun mereka pada telat lagi. Hanya aku dan Aan yang datang ontime. Makin sebel aja dech.
         Oh ya untuk traveling ke Flores aku cuti selama 4 hari. Sebenarnya nggak enak sich cuti lama-lama sama bos dan teman aku dikantor tapi hal itu aku lakukan karena waktu yang diperlukan untuk traveling ke Flores adalah 8 hari 8 malam cukup untuk mengunjungi Danau Kelimutu, Riung, Waerebo dan Labuan Bajo. Sebenarnya sich kurang tapi gimana lagi karena tidak boleh cuti lama-lama. Seandainya aku jadi pengusaha, pasti banyak waktu untuk aku traveling keliling dunia.
Tgl. 09 Jun 2016 pertama aku beli tiket pesawat tujuan Labuan Bajo ke Denpasar(Nam Air) ke Jakarta(Air Asia) dapat harga Rp. 1.071.764. Kenapa aku beli yang pulangnya terlebih dahulu?Karena itu adalah harga termurah yang aku pantau,soalnya aku pantau setiap hari loh harga tiketnya. Untuk tiket berangkat masih bingung karena waktu sampai ke Ende sore banget dan akan kebuang waktu sia-sia. Setelah cek jalur pesawat ke Ende yang murah, Akhirnya Tgl. 15 Agustus 2016 aku putuskan beli tiket Pesawat Batik Air tujuan Jakarta(Bandara Halim) ke Kupang dengan harga Rp. 1.179.007. Itu adalah harga murah yang aku pantau, bila ditunda-tunda pembeliannya takutnya harga akan makin mahal. Tgl. 15 Agustus 2016 tiket pesawat selanjutnya yang aku beli adalah Tiket Pesawat Wing Air tujuan Kupang ke Ende dengan harga Rp. 379.491. Akhirnya semua tiket pesawat telah semua dibeli.

Pengeluaran tiket pesawat= Rp 2.630.262.
  • Tiket pesawat NAM Air(Labuan Bajo - Denpasar) & AirAsia(Denpasar - Jakarta) = Rp. 1.071.764
  • Tiket pesawat Batik Air(Jakarta - Kupang) = Rp. 1.179.007
  • Tiket pesawat Wing Air(Kupang - Ende) = Rp. 379.491
Nggak terasa waktu yang ditunggu-tunggu sudah tiba, saatnya Traveling .... Asik ..... Traveling lagi.

HARI KE-1(RABU, TGL. 07 SEPT 2016)

JAKARTA
Karena hari ini aku akan traveling, maka ke kantor aku naik Gojek dari Rumah(Ciganjur) ke Kantor(Titan Bintaro) ongkosnya Rp. 27.000. Tas Ransel aku sebelumnya sudah ditaruh di kantor, sehingga hari ini aku tidak perlu bawa tas yang berat. Dari jam 8 pagi sampai jam 15 aku kerjakan semua pekerjaan agar teman satu team tidak direpotkan oleh pekerjaan yang menjadi tanggung jawab aku.
Pesawat Batik Air berangkat dari Bandara Halim(Jakarta) ke Bandara El Tari(Kupang) berangkat jam = 18:10. Fasilitas Batik Air dapat makan berat, ada Televisi mini di setiap kursi penumpang, gratis bagasi 20kg. Untuk menuju Bandar Halim aku ijin pulang cepat jam 15. Dari Titan Center untuk menuju ke Stasiun Jurangmangu aku naik gojek dengan ongkos Rp. 8.000 saja. Soalnya kalau naik angkot dengan bawa tas ransel yang berat akan sangat melelahkan karena harus nyebrang tangga penyebrangan kemudian jalan lurus baru naik angkot ke Stasiun Jurangmangu. Dari Stasiun Jurangmangu naik kereta lalu turun di Stasiun Tanah Abang, kemudian nyebrang dan dilanjutkan naik kereta lagi dan turun di Stasiun Cawang. Gila boo keretanya penuh banget, padahal baru jam 4 sore belum jam 5 sore. Saya sampai keringetan karena nggak ada udara yang masuk. Dari Stasiun Cawang saya lanjutkan dengan naik Gojek dengan ongkos Rp. 20.000 dan turun di Bandara Halim. Gojeknya antar nggak sampai pintu keberangkatan, katanya motor nggak boleh masuk. Akhirnya aku jalan kaki menuju ke pintu keberangkatan. Sampai disana teman aku belum pada sampai baru Aan saja yang sudah datang. Padahal waktu Check-in sudah dibuka. Daripada aku nanti ikut terlambat, mending aku check-in duluan. Maaf ya teman-teman. Emangnya kalau terlambat kamu mau bayarin tiket aku yang hangus?nggak mau kan.
Alhamdullah Pesawat terbang on time. Waktu tempuh ke Kupang adalah 2 jam 55 menit lamanya. Dengan naik batik Air kita dapat menu berat berupa nasi ayam, rasanya sich biasa aja. Tidak terasa kita sudah tiba di Bandara El Tari(Kupang) jam : 22:05 WIT. Di Kupang kita tidak ada rencana untuk beli penginapan, tapi Alhamdulilah ada bapak Purnomo yang baik hati untuk rumahnya dapat disinggahi dan tidur di rumahnya. Terima kasih Pak Purnomo atas kebaikannya, kebaikan bapak akan dibalas oleh Allah SWT. Amin. Nggak hanya itu, saat kita belum makan malam kita diajak makan di Rumah makan kaki lima khas Jawa Timur. Semua dibayarin oleh Pak Purnomo. Terima kasih again Pak Purnomo.
Jam 11 malam tibalah kita di Rumah Pak Purnomo. Disana kita ngobrol dan ada juga yang mandi. Setelah puas ngobrol kita semua pada tidur karena jam 4 pagi harus sudah bangun dan mandi lalu diantar oleh Pak purnomo dengan mobilnya ke Bandara El Tari(Kupang) karena Pesawat kita ke Ende berangkat jam = 06:15. Info dari Pak Purnomo yang kerja di Kupang tapi lahir di Jawa Timur bahwa orang Kupang itu susah diatur. Benar aja pas kita mau Check-in orang Kupang tidak tertib baris asal aja nggak sesuai barisnya. Capek dech.
                                             BANDARA EL TARI-KUPANG

RUMAH PAK PURNOMO
Pengeluaran Hari 1(Rabu, 07 Sept 2016) = Rp. 59.000

• Naik Gojek dari rumah di Ciganjur ke Kantor di Titan Center Bintaro = Rp. 27.000.
  • Naik Gojek dari kantor di Titan Center Bintaro ke Stasiun Jurangmangu = Rp. 8.000.
  • Naik Kereta Commuterline dari Stasiun Jurangmangu ke Stasiun Tanah Abang = Rp. 3.000.
  • Naik Kereta Commuterline dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Cawang = Rp. 3.000.
  • Naik Gojek dari Stasiun Cawang ke Bandara Halim = Rp. 18.000.

HARI KE-2(KAMIS, TGL. 08 SEPT 2016)
BANDARA ENDE
      Aku naik Pesawat kecil dengan baling-baling Wing Air, dapat gratis bagasi 10kg, tidak ada snack dan pramugarinya hanya ada 1 saja. Untung Tas Ransel aku nggak lebih dari 10kg. Alhamdulilah. Lama perjalanan ke Ende dari Kupang ditempuh selama 50 menit saja. Pesawatnya ontime.
     Aku sampai di Ende sekitar jam 7 pagi. Karena aku sampai di Ende pagi maka udaranya masih segar. Bandara Ende kecil jadi pas kita masuk ke dalam gedungnya langsung dapat ambil bagasi aku. Selesai semua pada ambil bagasinya, Titi telpon driver yang akan jemput kita. Nggak berapa lama datang dech drivernya, namanya Pak Duce. Kita sewa mobil selama 5 hari dari Tgl. 08 - 11 Sept 2016 dengan total biaya(Mobil+Driver+Bbm) Rp. 4.300.000. Untuk sewa mobil di Flores sangat mahal, per hari Rp. 750.000 dan ada biaya empty run 1 hari, katanya itu untuk biaya dari Kota jemputan sampai balik lagi ke daerah asal. Mobil yang dipakai adalah Suzuki APV. Pak Duce nggak merokok, aku suka dech sama orang yang nggak ngerokok. Dan Pak Duce kuat nyetir dari pagi sampai malam loh. Hebat. Salut aku.
Aku bilang ke Pak Duce kalau kita muslim semua, jadi makannya yang halal. Karena pagi kita belum sarapan, sama drivernya kita diturunin di sebuah rumah makan sangat sederhana. Kita makan Nasi kuning dengan perkedel kentang dan kering tempe, semuanya hanya bayar Rp. 5.000 saja per orang. Murah banget kan.
     Selesai sarapan kita lanjutkan perjalanan ke Rumah Pengasingan Bung Karno. Rumah tersebut sangat terawat dan bersih, aku suka.

Setelah puas foto-foto dan menikmati suasana di Rumah Pengasingan Bung Karno, kita lanjut ke Tempat Perenungan Bung Karno. Dekat kok jaraknya dari Rumah Pengasingan Bung Karno. Disana kita bisa lihat patung Bung karno sedang duduk diatas kursi semen yang dikelilingi oleh air, sehingga pengunjung tidak dapat naik keatas. Dan juga ada Pohon Sukun dan Batu berwarna biru. Sampingnya ada Stadion Olah Raga.
        Selesai dari situ kita menuju ke Desa Moni. Jarak Desa Moni dari Kota Ende ditempuh selama 4 jam. Selama di Perjalanan aku menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan udara yang masih segar, pohon yang rindang, dan rumah dengan atap seng. Masih jarang kendaraan di Flores. Angkotpun jarang saya lihat. Di tengah perjalanan Pak Duce kasih tahu kita jembatan dengan pemandangan yang indah, aku lupa nanya namanya.
Sebelum menuju ke Penginapan di Desa Moni kita makan siang dulu di Restoran ???. Restoran ini terletak di pinggir jurang dengan pemandangan hutan hujan tropis. Sebelum pesan kita lihat menunya. Waw harganya mahal boo. Pelayanannya lama benar sampai kita bete nunggunya. Aku nggak recommended restoran ini.
Setelah kenyang kita menuju ke Desa Moni. Di Desa Moni kita menginap di Penginapan Antoneri Lodge. Oh ya aku bookingnya via telpon saja karena via telpon lebih murah sedangkan kalau booking via online mahal. Antoneri Lodge hanya memiliki 5 kamar saja. Ownernya namanya : Pak Willy Lokawoda, Nomor Hp : 085228416877. Orangnya ramah banget. Aku booking via wa ke Pak Willy. Pak Willy tinggal di Ende, jadi saat kita tiba di penginapannya akan disambut oleh asistennya. Harga sekamar untuk 1 malam Rp. 200.000 saja, Kamarnya luas, bersih, ada air panas, dapat sarapan tapi tidak ada TV. Di Desa Moni udaranya dingin, jadi kamarnya tidak perlu AC. Kita sampai di penginapan jam 3 sore. Istirahat selama 1 jam lalu dilanjutkan ke Air Terjun yang ada di Desa Moni aku lupa namanya. Sedangkan yang cowok nggak mau ikut, mau istirahat aja katanya.
Penginapan Antoneri Lodge ,Desa Moni
     Selesai dari Air Terjun, yang cewek-cewek lanjut makan indomie rebus di dekat penginapan. Ternyata mahal boo. Makan Indomie di hargai Rp. 25.000. Week makan di Flores mahal-mahal boo. Setelah kenyang kita kembali ke Penginapan dan istirahat. 1 Kamar di isi 4 cewek sedangkan 1 kamar lagi di isi dengan 3 cowok termasuk Pak Duce.

Pengeluaran Hari ke-2(Kamis, 08 Sept 2016) = Rp 946.000.
  • Patungan sewa mobil selama 5 hari = Rp. 717.000/orang
  • Sarapan Nasi Kuning = Rp. 5.000
  • Beli Mangga di Rumah Makan Nasi Kuning = Rp. 10.000.
  • Beli Air Mineral = Rp. 12.000
  • Sumbangan untuk Rumah Pengasingan Bung Karno = Rp. 5.000
  • Beli Kopi di Desa Adat Wologai = Rp. 50.000
  • Makan siang di dekat Desa Moni = Rp. 55.000
  • Bayar Penginapan semalam di Antoneri Lodge = Rp. 67.000
  • Makan malam dengan Indomie rebus = Rp. 25.000

HARI KE-3(JUM'AT, TGL. 09 SEPT 2016)

DANAU KELIMUTU

Kemarin malam aku pesan ke penjaga hotel agar sarapannya dikasih malam aja karena kita akan langsung check-out jam 4 pagi. Kita dikasih untuk sarapan berupa roti selai strawberry sedangkan yang cowok dikasih roti dan telor rebus.
Karena kita harus sudah berangkat ke Danau Kelimutu jam 4 pagi, maka jam 3 pagi aku yang mandi duluan, soalnya aku kalau mandi lama. Cowok telat nich bangunnya jadi baru berangkat jam 4 lewat dech. Semua tas ransel langsung ditaruh dibelakang mobil karena kita nggak balik lagi ke hotel. Pemandangan selama perjalanan masih gelap, sehingga aku tidak bisa melihat jelas pemandangannya. Yang aku ngeh bahwa jalanan mendaki dan jalanan aspal hanya muat 1 mobil saja, dikiri jalan jurang. Hawa dingin menghampiri kita. Aku salah kostum karena aku pakai celana pendek tapi tetap pakai jaket sich. Lama perjalanan ditempuh selama 30 menit. Kita bayar tiket masuk untuk 7 orang beserta supir hanya Rp. 40.000 saja. Kita sampai di tempat parkir masih jam : 04:30 pagi. Pengunjung masih sedikit. Kebanyakan turis asing yang datang ke Danau Kelimutu.
Setelah kita ambil barang yang diperlukan saja, tas ranselnya tetap kita taruh di mobil, Kita langsung naik keatas sesuai dengan anak tangga yang sudah diaspal. Pokoknya akses jalannya sudah rapi dan bagus. Kita tinggal ikuti petunjuk saja. Setelah menemukan persimpangan kita belok kiri dan lurus saja kita jalan. Untk sampai melihat ketiga danau tersebut kita harus mendaki dengan ratusan anak tangga, lumayan bikin ngos-ngosan. Tapi setelah kita sampai diatas, Tuhan memberikan pemandangan yang sangat indah. Akhirnya terkabul juga impian aku untuk dapat melihat Danau Kelimutu dengan mata kepala sendiri. Terima kasih ya Allah atas karuniamu.
     Photo dech aku sampai puas, angin diatas sangat kencang dan dingin banget walaupun hari sudah siang. Mulai rame dech pengunjung yang datang. Diatas sana aku beli minuman jahe hangat seharga Rp. 5.000, Kain slayer seharga Rp. 80.000, buah Strawberry 1 gelas besar seharga Rp. 10.000, Pop Mie seharga Rp. 15.000, Kacang sangrai yang enak banget seharga Rp. 10.000 dapat 2 bungkus. Ternyata Pak Duce naik keatas juga toh. Teman aku si Nusa & Irma sudah turun duluan, sedangkan kita berempat masih betah lama-lama diatas. Turis domestik yang datang ke Danau Kelimutu sangat sedikit banget, lebih banyak turis mancanegara yang datang. Memang untuk bisa traveling ke daerah Flores dibutuhkan biaya yang tidak sedikit karena tiket pesawat dan biaya hidup di Flores sangatlah mahal. Semoga Traveling ke Flores bisa murah agar orang kita sendiri dapat menikmati indahnya negrinya di Flores, Amin.

Sekitar jam 08:30 setelah puas menikmati Indahnya Danau Kelimutu, kita berangkat menuju ke 17 Riung. Oh ya drivernya info kita kalau jalanan di Km Moni-Ende sedang ada perbaikan jalan. Jadi kita harus sudah sampai di jalan itu sekitar jam 10 pagi karena jam segitu jalanan sudah dibuka. Kita sampai disana jam 09:30, jadi kita mesti nunggu 30 menit baru jalanan itu dibuka. Sambil menunggu aku keluar untuk melihat pemandangan diluar yang penuh debu dan panas. Tapi hal itu tidak menghalangi aku untuk tetap keluar dari mobil. Aku cari makanan yang khas flores tapi tidak ada. Yang ada hanya nasi bungkus dengan menu seperti ikan cuek dan sayur yang ditumis, harga 1 porsinya murah loh hanya Rp. 5.000 saja dan Nasinya putih banget, beda dengan nasi yang di Restoran dekat moni. Udah mahal tapi nasinya kurang bagus. Aku beli 2 bungkus untuk teman aku juga. Yang makan akhirnya Aku, Aan dan Nusa. Yang lainnya aku tawarin pada nggak mau.
Antrian di KM Moni-Ende
     Setelah waktu menunjukkan jam 10 pagi mobil boleh lewat dech, tapi tetap hati-hati karena longsor dapat tiba-tiba terjadi. Kita menuju ke Kota Ende, 2 jam perjalanan untuk sampai di Ende. Untuk beli obat-obatan hanya ada di Kota Ende, di Daerah Moni tidak ada Apotik. Di Ende aku beli Antimo buat obat anti mabok. Alhamdulilah sich aku nggak mabok. Yang mabok itu Irma dan Titi, mereka selama perjalanan hanya tidur aja, Sedangkan aku dan Aan ngobrol dan menikmati indahnya pemandangan yang diberikan oleh Flores. Pokoknya nggak rugi dech bila traveling ke Flores.
Jam 12 siang saatnya kita istirahat dan makan siang. Kali ini kita makan di Rumah Makan Padang, Mahal boo harganya. Selesai makan kita lanjutkan perjalanan menuju ke Riung. Sebelumnya aku sudah booking perahu dengan Pak Udin. Sewa perhau di dia soalnya murah dibandingkan dengan yang lain. Pak Udin dapat di hubungi di nomor : 081337170473. Dia orangnya baik banget dan perhatian loh, soalnya dia selalu menghubungi aku menanyakan sudah sampai mana. Harga sewa perahu di Pak Udin untuk seharian Rp. 400.000 belum termasuk alat snorkling, kalau jaket pelampung sich gratis. Kita sampai di riung sekitar jam 3 sore. Tidak sesuai dengan perkiraan aku. Ternyata jauh banget boo dari Moni untuk menuju ke Riung. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 jam.

17 RIUNG
Sampai di Rung kita langsung naik perahu yang kita sewa karena waktu kita hanya sedikit untuk explore Riung. Nggak puas sich kita explore Riung karena hanya 4 jam saja kita di Riung. Bila ada waktu lagi aku akan lebih puas untuk explore Riung. Amin. Pak Udin ramah banget orangnya. Kita ditungguin sampai kita selesai bilas dan rapi-rapi. Kata Pak Udin dia tidak akan pergi kalau tamunya belum pergi. Wih hebat. Untuk kenang-kenangan aku berikan Pak Udin dan asistennya dengan masing-masing satu buah kemeja batik. Semoga mereka senang, pas dan adem dipakainya. Amin.

Karena kita selesai di Riung sudah malam sekitar jam 7 malam. Akhirnya kita putuskan untuk menginap di Hotel Bintang Wisata Riung. Tadinya teman-teman pada bingung mau nginep dimana, abis yang sibuk cari hotel hanya aku saja sich yang lainnya tinggal terima beres aja. Ya udah aku putuskan menginap di hotel tersebut. Kita cari hotel on the spot aja. Alhamdulilah dapat. Kalau aku perhatikan Riung belum banyak dikunjungi sehingga daerah ini masih sepi oleh turis. Kita pilih kamar tanpa AC, harga per kamar untuk satu malam Rp. 250.000, bisa di isi 3 orang. Kamarnya luas, dapat sarapan tapi sayang tidak ada TV dan Air panasnya. Kita sewa 2 kamar. Untuk driver dikasih kamar gratis loh tanpa dipungut bayaran. Senang dech kita.
Karena di Riung kita hanya ganti baju dan tidak mandi, sehingga sampai di Hotel kita langsung mandi bergantian dech. Selesai mandi kita makan malam di Warung Makan ....

Pengeluaran Hari ke-3(Jum'at, 09 Sept 2016) = Rp 417.500.
  • Tiket masuk ke Danau Kelimutu = Rp. 6.500/orang
  • Beli minuman jahe = Rp. 5.000
  • Beli Kain slayer = Rp. 80.000
  • Beli Pop Mie = Rp. 15.000
  • Beli buah Strawberry = Rp. 10.000.
  • Beli kacang sangrai 2 bungkus kecil = Rp. 10.000
  • Beli Nasi bungkus 2 buah = Rp. 10.000
  • Makan siang di Rumah makan Padang = Rp. 50.000
  • Sewa Perahu = Rp. 67.000/orang. 1 Perahu = Rp. 400.000.
  • Menginap 1 malam di Hotel Bintang Wisata Riung = Rp. 84.000/orang. 1 kamar = Rp. 250.000/malam dapat di isi 3 orang.
  • Makan Malam di Warung = Rp. 50.000
  • Beli Agua besar 2 botol & Biskuit = Rp. 30.000.

HARI KE-4(SABTU, TGL. 10 SEPT 2016)
* Kampung Bena, Danau Ranamese, Menginap semalam di Waerebo Lodge.

Dari Hotel Bintang Wisata Riung untuk menuju ke Kampung Adat Bena ditempuh dalam waktu 3 jam.

BUKIT TELETUBBIES

* Makan siang di Warung Makan Surabaya = Rp. 35.000
* Makan malam di Restoran Agape = Rp. 53.000
* Bayar penginapan selama 2 malam di Waerebo Lodge = Rp. 400.000

HARI KE-5(MINGGU, TGL. 11 SEPT 2016)

WAEREBO(DESA DIATAS AWAN)

Pengeluaran Hari ke-5(Minggu, 11 Sept 2016) = Rp 418.500.
* Beli jeruk di Waerebo = Rp. 10.000
* Beli Markisa di Waerebo = Rp. 5.000
* Beli Kopi 1 Kg masih dalam bentuk biji di Waerebo = Rp. 50.000
* Beli bros di Waerebo = Rp. 25.000
* Biaya upacara di Waerebo = Rp. 8.500
* Uang retribusi ke Waerebo = Rp. 200.000/orang
* Tip untuk porter(Sukarela) = Rp. 100.000
* Beli Agua besar 2 botol = Rp. 20.000

HARI KE-6(SENIN, TGL. 12 SEPT 2016)

SAWAH LABA-LABA

GOA BATU CERMIN
     Kegiatan hari ini di pagi hari, jam 06 pagi kita sarapan dengan nasi goreng, Lauk Telor dada dan minuman es teh manis.Teman cowok si Imam terlambat sarapan. Setelah sarapan selesai sekitar jam 06.40 kita berangkat ke mesjid untuk sholat id. Mesjidnya kecil dan yang sholatpun sedikit.mungkin karena di flores yang muslim sedikt dan lebih banyak yang kristen. Selesai sholat id sekitar jam 07.15 menit.di meajid itu tidak ada ceramahnya. Selesai sholat kita melewati jalanan yang semalamnya kita lewati.jalanannya kecil dan rusak. Jalanan itu hanya dapat dilewati oleh satu mobil saja. Sempat kita berpapasan dengan truk, akhirnya kita yang mengalah. Selama perjalanan menuju ke Sawah laba-laba, aku tidur lalu bangun dan tidur lagi. Seterusnya seperti itu. Lama perjalanan menuju ke sawah laba-laba memerlukan waktu sekitar 3 jam dari penginapan Waerebo Lodge.
     Sawah Laba-Laba berada di Kecamatan Cancar kabupaten Ruteng. Kita bayar tiket per orang Rp. 15.000. Untuk dapat melihat Sawah Laba-Laba kita perlu trekking sekitar 5 menit. Aku ngos-ngosan juga untuk naik keatas. Kita sampai di Sawah Laba-Laba sekitar jam 10 siang.hawanya panas banget boo. Aku diatas hanya sebentar aja karena tidak kuat dengan panasnya Ruteng. Sedangkan teman yang lain maaih diatas.
     Puas melihat Sawah Laba-Laba, Kita lanjut ke Destinasi berikutnya yaitu : Goa Batu Cermin yang berada di Daerah Labuan Bajo. Waktu yang ditempuh sekitar 4 jam dari Ruteng. Jauh ya boo. Begitulah tempat-tempat wisata yang ada di Flores, jarak tempuhnya jauh-jauh.
     Makan siang kita makan di Rumah Makan Joyo Pangestu.Aku pesan Nasi Ayam Bakar lalapan(Rp. 30.000) dan Es Teh Manis(Rp. 7.000). Patungan untuk makan driver per orang masing2 Rp. 5.500 saja. Aku nunggu cukup lama sampai pesanan aku datang.aku nggak rekomendasi restoran ini karena pelayanannya lama, pegawainya nggak ramah dan rasa menunya nggak enak.
     Destinasi selanjutnya adalah ke Goa Batu Cermin di Labuan Bajo. Waktu tempuh dari Restoran Joyo Pangestu sekitar 2 jam. Aku nggak ikut masuk soalnya trekking lagi.malas ah. Aku makan indomie aja di Warung satu-satunya yang ada di Tempat Wisata Goa Batu Cermin.Harganya Rp. 15.000 dan minuman Pucuk Teh.
     Beli oleh-oleh habis sekitar Rp. 400.000. Lalu kita menuju hotel. Kita pesan hanya 2 kamar saja padahal orangnya 6 orang. Ya gitu dech mau ngirit.kalau gue mah kagak mau dech. Pelit banget. Apalagi yang namanya Irma. Tidurnya nggak mau gabung tapi maunya ngirit.

Pengeluaran Hari ke-6(Senin, 12 Sept 2016) = Rp 650.000
* Makan siang di Rumah Makan Joyo Pangestu = Rp. 42.500
* Makan Indomie rebus di Goa Batu Cermin = Rp. 15.000
* Beli Kopi Flores yang sachet kecil = Rp. 10.000
* Beli oleh-oleh = Rp. 400.000
* Minum es kelapa di batoknya di Restoran Hotel Matahari = Rp. 25.000
* Beli obat & lain-lain = Rp. 20.000
* Bayar hotel semalam = Rp. 138.000

HARI KE-7(SELASA, TGL. 13 SEPT 2016)
* 1 Hari 1 Malam di Perahu di Labuan Bajo(Pulau Kelor, Pulau Komodo(Loh Buaya), Pulau Padar)
LABUAN BAJO
PELABUHAN LABUHAN BAJO(VIEW POINT TO HOPPING ISLAND)
PULAU KELOR
PULAU KOMODO(LOH BUAYA)

PULAU PADAR

Pengeluaran Hari ke-7(Selasa, 13 Sept 2016) = Rp 874.000.
* Bayar sewa perahu untuk 2 hari 1 malam = Rp. 834.000/orang
* Tiket masuk ke Pulau Komodo = Rp. 40.000.

HARI KE-8(RABU, TGL. 14 SEPT 2016)

Pengeluaran Hari ke-8(Rabu, 14 Sept 2016) = Rp 160.000.
* Naik ojek dari Pelabuhan Labuan Bajo ke Bandara Komodo = Rp. 25.000
* Beli Kacang & Pie di Bandara Denpasar = Rp. 60.000
* Naik Damri dari Bandara Soetta ke Terminal Pasar Minggu = Rp.50.000
* Naik Gojek dari Terminal Pasar Minggu ke Rumah di Ciganjur = Rp. 25.000

Total Pengeluaran Traveling ke Flores = Rp. 6.758.762.