Langsung ke konten utama

Perpanjang Paspor dengan Daftar Online

Pembuatan paspor secara online ini tidak hanya melayani untuk pembuatan paspor baru saja, bagi  yang ingin memperpanjang paspor dapat juga melakukannya secara online. Prosedur dalam memperpanjang paspor hampir sama dengan pembuatan paspor baru online. Hanya perlu menunjukan paspor lama di kantor imigrasi. Masa berlaku paspor biasanya adalah 5 tahun, apabila memasuki 6 bulan sebelum masa berlaku paspor berakhir maka dapat memperpanjang paspor.

Ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu untuk perpanjang paspor online. Berikut adalah dokumen yang perlu dipersiapkan:
  1. E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk) (KTP)beserta fotocopy di kertas A4 tanpa dipotong.
  2. Paspor lama beserra fotocopy di  A4 tanpa di potong.

Langkah-langkah perpanjang paspor via online(HP Android) :
  • Download aplikasi Antrian Paspor.
  • Pada halaman utama terdapat form untuk masuk kedalam aplikasi, pendaftaran, dan lupa password.
  •  Untuk mendaftar ke aplikasi, klik link pendaftaran.
  • Untuk pilihan lupa kata sandi, klik link lupakata sandi.
  • Pada page pendaftaran, terdapat form yang mencakup semua data dimulai dari username, password, NIK (nomor induk kependudukan), nomer telephone, e-mail, dan Alamat selain itu beberapa data yang akan digunakan oleh aplikasi ini yaitu :
 Username untuk identitas pengguna aplikasi, yang digunakan pada saat login ke aplikasi.
 Password untuk digunakan bersamaan dengan username.
 E-mail yang valid untuk validasi saat pendaftaran, lupa password, dan tujuan notifikasi saat membuat permohonan antrian paspor.
  • Setelah mendapankan notifikasi berhasil, pendaftar bisa langsung mengecek e-mail yang dikirimkan aplikasi antrian paspor.
  • Setelah mendapatkan email untuk validasi e-mail, pendaftar dapat langsung mengklik link click here. Setelah mengklik link tersebut user akan diarahkan ke page pemberitahuan bila akun telah di aktivasi dan pendaftar bisa langsung masuk kedalam aplikasi antrian paspor dengan username dan password yang didaftarkan pada proses sebelumnya.
  • Untuk login (masuk) kedalam aplikasi, masukan data yang digunakan pada proses pendaftaran. Setelah itu user akan langsung masuk kedalam aplikasi antrian paspor.
  • Setelah user dapat masuk kedalam aplikasi, user akan langsung melihat daftar kantor imigrasi / unit layanan paspor. Untuk menu lainya ada di pojok kanan atas yang berbentuk list.
  • Pendaftar dapat melihat list kantor imigrasi / unit layanan paspor. Pendaftar dapat langsung meng-klik tombol Buat permohonan pada kantor yang dihendaki.
  • Setelah itu pendaftar bisa memasukan tanggal yang tersedia dan dihendaki oleh pendaftar, lalu pendaftar bisa memasukan jumlah permohonan (maksimal 5 permohonan).
  • Setelah itu klik lanjut untuk memasukan data permohonan antrian paspor, pada halaman selanjutnya pendaftar tinggal memasukan data permohonan antrian paspor sebanyak jumlah permohonan yang dihendaki.Setelah ada notifikasi berhasil silahkan cek daftar permohonan anda, pemohon bisa langsung mengklik tombol navigasi di sebelah kanan atas lalu akan ada papan navigasi muncul di sebelah kiri lalu klik menu Daftar Permohonan. Setelah itu akan tampil daftar permohonan yang dibuat oleh user, untuk melihat barcode user dapat mengklik kode booking.
  • Setelah mendapatkan kode antrian, sekaligus barcode pedaftar antrian paspor dapat langsung hadir di kantor imigrasi yang dihendaki sesuai yang diharapkan.
Persiapkan semua dokumen ini sebelum mengurus paspor online. Pengajuan perpanjang paspor via online maksimal dapat mengajukan untuk 5 orang.
Daftar online baru muncul di Minggu sore untuk tanggal perpanjang paspor seminggu kedepan. Contoh : Saya mau perpanjang paspor di tgl 23 Jul 2018, maka baru muncul jadwal untuk tanggal tersebut pada hari Minggu sore tgl 15 Jul 2018.

Oh ya Bila merubah jadwal untuk perpanjang paspor, harus membatalkan jadwal sebelumnya 2 hari sebelum jadwalnya, baru bisa pilih jadwal baru. Untuk daftar online harus cepat karena jumlah antrian terbatas.

Hari Selasa, Tgl 20 Jul 2018 aku cuti untuk keperluan perpanjang paspor yang habis masa berlakunya nanti 07 Feb 2019.  Aku berangkat dari rumah mama di Ciganjur sekitar jam 9 pagi. Aku pilih kantor Imigrasi yang di Warung Buncit karena waktu daftar online dapat antriannya disitu. Sampai di imigrasi Buncit jam 9:45 WIB. Parkir motor di samping bagian depan. Parkirnya gratis. Aku kecepatan sampai di Imigrasinya karena jadwal aku jam 11:00 - 12:00.  Aku langsung naik ke Lt.2 terus minta ke petugas wanita di bagian check counter untuk ambil nomor antrian. Aku dapat nomor antrian 3-111. Kalau perpanjang Paspor nomor antrian depannya 3, Kalau bikin paspor baru nomor antrian depannya 3, kalau ambil paspor nomor antrian depannya 6. Aku nunggu sampai nomor aku dipanggil sekitar 1 jam 30 menit. Bangku ruang tunggu banyak, jadi tidak ada yg berdiri. Loket urus paspor juga banyak, kayaknya sampai 14 loket.

Nomor aku dipanggil dan langsung ke loket no.6. Berkas saya kasih ke petugas. Aku langsung di foto disitu dan diambil sidik 10 jari tangan. Setelah itu aku dikasih billing untuk bayar biaya pembuatan paspor biasa sebesar Rp 355.000. Aku langsung melakukan pembayaran via ATM BRI yg ada di Lt.1 di Imigrasi itu.

Untuk melakukan pembayaran sekarang di Bank manapun bisa. Karena aku memiliki Debit BRI maka aku melakukan pembayaran di ATM BRI yang ada di Imigrasi Warung Buncit. Cara melakukannya sebagai berikut :
1. Menu Pembayaran
2. Pembayaran
3. Pajak
4. Mpn
5. Masukan Kode Billing

Selang 13 Hari kerja dari menyerahkan berkas untuk perpanjang paspor. Aku cuti 1/2 hari di Hari Rabu, tgl 08 Aug 2018. Pas banget cuti aku habis. Aku berangkat dari rumah jam 08:00 pagi. Jam segitu jalanan masih aja macet. Untung aku nggak setiap hari lewat daerah itu. Waktu yang diperlukan untuk sampai di Imigrasi Mampang sekitar 45 menit. Sampai disana aku nggak dapat parkir di dalam gedung Imigrasi, jadi aku memarkirkan motor aku di luar di samping gedung Imigrasi dech. Bayar parkir Rp 3.000.

Batas maksimal pengambilan paspor adalah 30 hari. Bila lewat dari itu pengajuan dianggap batal. Dan harus mengajukan ulang. Uang yang sudah dibayar tidak dapat dikembalikan.

Parkir motornya kecil, nggak seimbang dengan orang yang datang ke Imigrasi Mampang dengan berbagai macam keperluan yang beragam. Ambil nomor antrian sama seperti daftar yaitu di lt.2. Sampai Imigrasi Mampang jam 08:50. Nomor yg sudah dipanggil saat aku tiba 6-060, aku dapat nomor antrian 6-082. Nunggu sekitar 22 orang. Aku dipanggil jam = 09:10 dan dapat dech paspor baru aku. Di paspor petugasnya pesan untuk tanda tangan di paspor menggunakan pulpen hitam pilot biasa dan alamat di tulis pensil. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 20 menit saja. Cepat boo. Yes i have new Paspor. Let's go to around the world.

Semoga informasi dari saya berguna bagi yang membutuhkan informasinya.

Postingan populer dari blog ini

Bagusnya Pelayanan di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus

Saya adalah pengguna Asuransi Inhealth Mandiri. Di Klinik Cahaya Madani Ciganjur saya ke dokter gigi untuk melihat gigi bungsu atas kiri. Setelah dilihat gigi saya oleh dokter gigi. Dokter bilang disuruh cabut. Waduh seumur-umur saya belum pernah dicabut selain waktu kecil gigi saya mah copot sendiri, nggak pernah dicabut sama dokter gigi. Saya tanya ke dokter, bisa nggak ditambal aja? dokter bilang nggak bisa harus dicabut. Waduh saya takut. Sakit nggak ya kalau dicabut. Karena dokter gigi di klinik itu tidak dapat menangani kasus gigi yang saya alami maka saya diberi rujukan ke Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus. Sebelumnya saya tanya jadwal dokter gigi di RS tersebut. Ternyata jadwal ada di Hari Sabtu dari Jam = 17:00 - 20:00. Cocok nich, nggak perlu ijin nggak masuk kerja. Jadwal di hari lain ada yaitu : Senin - Selasa dari jam = 14:00 - 17:00 & Jum'at dari jam = 08:00 - 11:00 dan 15:00 - 20:00. Sebelum datang telpon ke RS terlebih dahulu untuk bikin janji karena pasiennya

Solo Backpacker ke Perth, Australia (13 - 17 Mei 2015)5 Hari 5 Malam

Semoga cerita saya ini masih berguna. Baru kesempatan ini saya usahakan menulis perjalanan saya ke Perth Australia bagian Selatan. Kenapa saya pilih Perth bukan Sydney or Melbourne yang lebih terkenal? Karena tiket pp pesawatnya murah. Pengeluaran tiket pesawat (pp) = Rp 2.579.303.   Airport tax AirAsia(Jakarta-Bali) = Rp 40.000.   A ir rport tax AirAsia(Bali-Perth) = Rp 200.000.   T iket pesawat AirAsia( Bandara Soetta - Denpasar)13 Mei 2015 = Rp 402.311.   Tike t pesawat Air Asia(Denpasar - Perth - Denpasar)14 Me i 2015 & 17 Mei 2015 = Rp 1.361.000 .   T iket pesawat AirAsia(Denpasar - Bandara Soetta) = Rp 575.992.   Saat itu saya bawa uang rupiah Rp 575.000 &  $AUD 570 (Rp 5.700.000) HARI KE-1(Rabu, 13 Mei 2015) Saya keluar dari kantor jam 17:20 WIB untuk menuju ke BTC (Bintaro Trade Center) saya jalan kaki aja. Lumayan jauh sich kalau bawa ransel yang lumayan berat. Sampai di Travel Xtrans jam = 17:35 WIB. Langsung dech saya beli tiketnya tujuan Bandar

Perbedaan Bakpia Kurnia Sari dengan Bakpiaku

Aku sebenarnya bukan penggemar Bakpia, tapi karena setiap tahun aku selalu pulang kampung di daerah Purworejo dan menginap di Yogyakarta. Yogyakarta adalah kota yang selalu ingin aku kunjungi berkali-kali tanpa bosan karena orangnya ramah-ramah. Mengenai Bakpia Kurnia Sari & Bakpiaku akan aku jabarkan dibawah ini mengenai harga & rasa : BAKPIA KURNIA SARI NO  RASA DAN ISI  HARGA PER DOS  BERAT  15 20 1 Kacang Hijau 30.000 40.000 600-750 gr 2 Kumbu Hitam 30.000 40.000  600-750 gr 3 Coklat 30.000 40.000  600-750 gr 4 Susu 30.000 40.000  600-750 gr 5 Kopi 30.000 40.000  600-750 gr 6 Keju 30.000 40.000  600-750 gr 7 Durian 40.000  600-750 gr 8 Green Tea 30.000  600-750 gr Alamat toko Bakpia Kurnia sari :   Jl. Glagahsari 97C Telp : 0274.380502 Jl. Glagahsari 112 Telp : 0274.375030 Ruko Permai Pogung Lor, Ring Road Utara No. 6 Telp : 0274.625729   15 20