08 Januari 2012

Liburan ke HONGKONG & MACAU(10 Nov 2011 - 16 Nov 2011)












Flasback


Aku telah lama merencanakan akan jalan-jalan ke Hongkong & Macau. Planningnya sich udah dari awal Tahun 2010, pertama aku mengajak sahabat dan juga teman kantorku untuk ikut aku ke Hongkong & Macau, awalnya sich sahabat dan teman kantorku antusias mau ikut, tapi pas aku mau booking tiket pesawat murah ada aja alasan temanku, ya inilah ya itulah. Karena lelah menunggu kapan sahabat dan temanku bisa berangkat, akhirnya aku putuskan di Tahun 2011 ini aku harus berangkat walaupun nantinya akan berangkat sendirian, tekatku sudah bulat harus jadi pergi kesana.


Tapi sepertinya Allah sedang menguji aku, sudah 2 kali aku booking tiket pesawat tapi gagal berangkat. Pertama : Aku booking tiket pesawat Mandala di 10 Dec 2009 ke Hongkong dapat tiket dgn harga pp hanya Rp. 356.213 saja, murah banget kan.itu untuk keberangkatan 10 Mei 2010 dan 15 Mei 2010.Sedihnya ada berita kalau Mandala Airline bangkrut dan tidak bisa mengembalikan uang tiket pesawat penumpang yang sudah beli. Sedih dech, padahal itu tiket benar-benar murah banget. Maybe Allah belum memberikan kesempatan aku untuk berangkat ke Hongkong. Tapi bagaimana lagi, terpaksa dech aku merelakan uang itu hilang tanpa jejak. Kedua : Setelah gagal aku berangkat ke Hongkong dibulan Mei 2010, aku tidak putus asa, pesanlah aku tiket pesawat dengan AirAsia, berhubung ke Hongkong atau Macau tidak ada yang langsung, akhirnya aku pilih berangkat dari Medan ke Hongkong, harga tiket PP(MDN-HKG-MDN) Rp. 1.500.000,-, berhubung tiket pesawat JKT-MDN belum ada yang murah aku belum beli.yang aku beli MDN-JKT dgn pesawat Citilink, aku dapat harga Rp. 199.000,-. aku dapat kabar dari AirAsia bahwa untuk tujuan : MDN-HKG-MDN ditutup dengan berbagai alasan, aku sedih 2 kali nich. Ya bagaimana lagi, akhirnya aku minta di refund aja. Proses refundnya butuh 2 bulan baru dapat uangnya. Tapi yang aku sesalkan untuk tiket MDN-JKT dgn Citilink terpaksa hangus, nggak enak aja baru aku ambil cuti 5 hari masa aku ambil cuti lagi di bulan yang sama, nggak enak aja sama bos dan teman-teman team kerja aku.


Rabu sore pulang kerja aku ke BLOK M Plaza untuk tukar uang Rupiah ke Dollar Hongkong , temanku baik banget mau nemenin aku. Aku ke Money Changer TTMC(Tri Tunggal Money Changer), Alamatnya : Gedung Blok M Plaza Lt.2 No. 233(Depan Lift) Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Telp : 021-32898238, 021-32898217, Fax : 021-7209414, HP : 08129183344. Range $HK saat itu untuk beli = Rp. 1.160. oh ya ada Money Changer yang ratenya lebih bagus, aku terlambat dapat infonya, berhubung jauh dari rumahku aku nggak nukar kesana. Nama Money Changernya adalah : PT. AYU MAS AGUNG, Alamatnya ada di Jl. Kwitang 37 – 38 Jakarta 10420, Telp : 021-3103374,021-3103375, 021-3144025. kalau kita mau tahu berapa rate yang mau kita beli atau jual, hanya dengan menelpon nomor tersebut kita akan tahu rate terupdate dengan mengikuti langkah dari operator telponnya, programnya sich yang ngomong bukan orang. Sampai rumah sekitar jam 10 malam, sebelum tidur aku meneruskan packing yang belum selesai, selesai packing jam 12 malam. aku langsung mengeset HP dengan Alarm, takut kesiangan boo, kan gawat kalau kesiangan bisa batal aku berangkat. Aku set di jam = 03.30 WIB.


HONGKONG

Tiba saat-saat yang aku impikan tuk pergi ke Hongkong & Macau. Akhirnya jadi juga aku pergi. Aku berangkat dech dengan menggunakan pesawat JETSTAR di hari Kamis, tgl. 10 Nov 2011 sampai Rabu, 16 Nov 2011(7 hari).


Kamis,tgl. 10 Nov 2011, aku bangun tidur jam : 03.30,langsung goreng nugget buat sarapan, terus mandi dan berpakaian dan sholat.Aku berangkat dari rumah jam : 04.40,naik angkot M20 turun di halte cilandak dengan ongkos 3 ribu,nyambung naik angkot biru 61 turun di terminal depan ps.minggu ongkos 3 ribu.sampe cilandak jam : 05.15,jam : 05.30 naik bis damri menuju bandara soetta,ongkosnya 20 ribu.Aku sampai di bandara terminal 2D jam : 06.30,alhamdulilah lancar, aku sama temanku ellen langsung ke counter web check-in(no.102) dan bayar airport tax 150 ribu,alhamdulilah sich nggak antri jadi santai dech, oh ya kita langsung dapat boarding pass yang SINGAPURA-MACAU loh. Selesai itu kita menuju ke imigration, sambil antri kita isi form kartu keberangkatan. Selesai dilihat paspornya oleh petugas kita langsung menuju ke gate D3,lumayan juga jalannya. Again kita diperiksa, masuk ke ruang tunggu paspor diperiksa.udah dech kita nunggu. Tepat jam : 09.10 WIB kita berangkat menuju ke Bandara Changi Singapura dengan no pesawat VF202, Lama perjalanan sekitar 2 Jam. Aku dan temanku booking tiketnya beda waktu, Ellen dapat tiket yang promo dan beli tiket sudah jauh-jauh hari sedangkan aku beli tiket 3 bulan sebelum berangkat. Waktu check-in di internet kita pun juga beda waktu nggak berbarengan, mungkin jodoh kali ya, kita bisa duduk bersebelahan tuch. Hanya beda saat pesawat ke Macau dari Singapura, itu aja sich, sisanya kita selalu duduk bareng. Kalau aku naik pesawat, aku senang duduk dekat jendela, dan alhamdulilah lagi aku selalu duduk dekat jendela. Di pesawat Value Air dari Jakarta menuju Singapura aku dapat di Seat 30A, itu barisan paling belakang dan dekat jendela. Kita tiba di Bandara Changi Singapura terminal 1 jam 12 siang(Waktu Singapura), selisih waktu Indonesia dengan Singapura 1 jam lebih cepat. Kita transit dengan ganti pesawat , kita istirahat sich sebentar, setelah merasa cukup istirahatnya kita menuju ke counter, nomor pesawat kita 3K575 dengan jam keberangkatannya 13:45 waktu Singapura, aku dapat Seat 11F(Dekat jendela), saat ini lah kita pisah duduk. Oh ya bila mau mengirit beli minum kita bisa isi air minum di Bandara Singapura loh, letaknya didepan sebelum pintu masuk ke toilet. Pesawat kita lepas landas sesuai jadwal yaitu on-time. Pesawat kita tiba dibandara Macau agak telat sich sekitar jam : 18.00(waktu Macau). Saat antri mau keluar dari pesawat ada cowok Indonesia yang ragu-ragu mau bertanya sama aku, tapi tuch cowok akhirnya nanya sich ke aku, apakah aku sudah ke Macau sebelumnya, aku bilang ini aku pertama kali ke Macau. Just it. Bandara Macau ini kecil dan tidak terlalu ramai tapi tetap sich di imigrasi antri, saat kita antri dibarisan lain ada bapak-bapak berantem gitu pakai bahasa yang tidak kita pahami jadi nggak tahu dech mereka berantem karena masalah apa. Masih di area Bandara Macau sebelum keluarga kita foto-foto dulu buat dokumentasi kita di Macau. Karena kita sama-sama pertama kali ke Macau kita agak bingung naik bis apa untuk menuju ke terminal ferry, tujuan kita pertama adalah mau langsung ke Hongkong. Ellen nanya ke bagian informasi dan dikasih tahu naik bis AP1, dari Bandara Macau menuju ke Terminal Ferry kita naik bis AP1, lama perjalanan bis AP1 sekitar 10 menit. Ongkos per orang $4,2. lebih baik kasih uang pas karena kita tdk dikasih kembalian loh, sampai dech kita di terminal ferry.Tiket ferry dari Macau ke kowloon $HK174. Nama Ferrynya First Ferry, Berangkat jam:20.00(waktu macau).


HARI I : Kamis, Tgl. 10 Nov 2011
Summary Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 03:30 ~ Bangun tidur, mandi, sarapan dengan nugget
2. 04:40 ~ Berangkat menuju ke Pasar Minggu naik angkot M20(Ongkos 3 ribu) dan angkot 61(ongkos 3 ribu)
3. 05:30~Naik Damri dari Terminal Pasar Minggu menuju ke Bandara Soetta,ongkos Rp. 20.000
4. 06:30~Tiba di Bandara Soetta Terminal 2D
5. 06:35~Beli Pulsa Rp. 50.000 AXIS di ATM BCA Bandara Soetta.
6. 07:00~Check-in di Counter No.102 bareng temanku Ellen, Bayar Aiport Tax Luar Negri Rp. 150.000
7. 09:10~Pesawat Jetstar lepas landas menuju Bandara Changi, Singapura
8. 12:00~Tiba di Bandara Changi Singapura Terminal 1
9. 13:45~Naik ganti pesawat menuju ke Bandara Macau
10. 18:00~Tiba di Bandara Macau
11. 18:30~Naik bis No.AP1 dari depan Bandara Macau,bayar $HK4,2 menuju ke terminal Ferry menuju ke Hongkong, Lama perjalanan 10 menit
12. 20:00~Tiket Ferry(First Ferry Macau, jurusan : Macau-Hongkong $HK174, lama perjalanan 1 jam
13. 21:30~Tiba di penginapan Garden Hostel, jalan kaki dari Terminal Ferry 25 menit. Bayar penginapan untuk 3 hari $HK240(@$HK80)
14. 21:45~Beli Simcard(PEOPLES My Friend)$HK38 didekat penginapan.
15. 21:50~Cari makan, aku pilih makan nasi putih+telor ceplok+sosis goreng(aku salah pilih) $HK25.
16. 22.15~Selesai makan kita jalan-jalan malam.
17. 23:00~Puas jalan-jalan kita kembali ke Hostel.

Total Pengeluaran = $HK481,20 & Rp. 246.000

Kita nginep di Garden Hostel, Alamat : Flat F4-1,3/F, Mirador Mansion, 58 Nathan Road, T.S.T Kowloon, Hongkong. Telp : 852-2311 1183/2722 6876, Fax : 852-2723 6777. Website : http://gardenhostel.com.hk/. E-mail : gardenhostell@gmail.com.


Kita pilih kamar dorm, 1 kamar ada 6 dorm semuanya cewek. Sayang kasurnya tipis, semalam harganya : $HK80.kita nginap selam 3 hari, jadi total per orang = $HK240. Setelah kita dapat kamar, kita taruh dech tas kita terus kita keluar untuk cari makan dan jalan-jalan menikmati suasana malam di hari pertama kita di Hongkong. Karena aku muslim dan temanku Ellen tidak suka babi jadi kita mesti hati-hati cari makan di Hongkong ini, setelah muter-muter cari makan, kita pilih dech restoran yang aku lupa namanya, aku pilih menu nasi putih+telor ceplok+sosis goreng,harganya $HK25. Temanku pilih menu mie. Aku salah pilih menu nich, abis semua menu harganya diatas $HK30 boo mahal, aku pilih yang dibawah $HK30. Selesai makan kita jalan kaki balik ke penginapan,sampai penginapan kita jam 12.00, hampir saja kita dikunci gerbangnya. Alhamdulilah waktunya tepat jadi kita bisa masuk ke penginapan kita dech. Aku cuci muka dan kaki langsung naik ke tempat tidur dan ngobrol sebentar, setelah mata mengantuk tidur dech kita.

HARI II : Jum'at, Tgl. 11 Nov 2011
Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 08:00~Isi Octopus Card di Station MTR Tsim Sha Tsui($HK200)
2. 09:10~Sarapan diMcDonald’s($HK18.70~Pakai Octopus Card)
3. 10:39~Beli Minum Vita Water 700ml di Market Place di iSquare($HK4.20~Pakai Octopus Card)
4. 11:00~Tiket Disneyland($HK330)
5. 11:15~Naik MTR East Tsim Sha Tshui menuju ke Disneyland Resort(Pakai Octopus Card)
6. 17:00~Mau ke Wan Chai naik MTR, jalan-jalan(Pakai Octopus Card)
7. 21:00~Menuju ke Avenue of Star & menikmati Indahnya kota Hongkong di malam hari
8. 22:24~Makan Malam di McDonald's($HK29,60)
9. 00:00~Tiba di Hostel dan istirahat tidur dech setelah seharian jalan terus.

Total Pengeluaran = $HK559,60
Aku bangun jam 7 pagi, Ellen juga udah bangun juga sich tapi masih tidur-tiduran. Kita gantian mandinya, aku dulu yang mandi. Teman sekamar lainnya masih pada tidur. Selesai mandi, berpakaian dan dandan kita langsung keluar kamar untuk sarapan pagi dan jalan-jalan disekitaran Hongkong.pertama kita beli Octopus Card, minimal pengisian pertama kali harus beli $HK150. Kartu ini multifungsi, bisa untuk naik bis, MTR, belanja, makan dan lain-lain. Pokoknya nggak rugi dech isi segitu. Soalnya kalau naik bis di Hongkong harus punya receh kalau nggak mau rugi, supirnya tidak akan kasih kembalian kalau kita bayar ongkosnya lebih. Aku isi dech Octopus Card dengan $HK200, Deposit $HK50, Refund dipotong $HK7. Selesai beli Octopus Card kita cari sarapan, Pokoke cari makan nasi di Hongkong dan tanpa babi susah boo, akhirnya kita sarapan di Mcdonald yang harganya $HK 18,70, murah daripada kita pilih makanan asli hongkong yang harganya kisaran $HK30. Selesai sarapan aku beli tiket Disneyland di : Shoestring Travel Ltd, 4/F Alpha House, 27 Nathan Road, Tsim Sha Tsui, KLN, HK. Telp : (852) 2723 2306, Fax : (852) 2721 2085, Email : shoetvl@hkstar.com, Website : www.shoestringtravel.com.hk . Samping iSquare, depannya Imperial Hotel. Harga tiketnya : $HK330(murah daripada beli langsung di loket Disneyland). Sedangkan Ellen nunggu dibawah nggak ikut naik. Aku disuruh datang lagi sejam kemudian. Aku turun lagi dech, kita jalan-jalan sekitaran situ aja. Setelah satu jam aku balik untuk ambil tiket Disneylandnya. Kita pisah dech, aku ke Disneyland sedangkan Ellen mau ke Mall sekitaran Tsim Sha Tsui.
Aku mau ke disneyland naik dari Station MTR East Tsim Sha Tsui, jauh banget boo jalannya, transit di Nam Cheong Station(turun) telusuri jalan sesuai petunjuk kemudian naik MTR jalur orange, turun di Station MTR Sunny Bay, langsung ada kereta disneylandnya loh, aku lansung naik dech, sesampai diresort disneyland ternyata bayar boo, kita mesti gesek kartu Octopusnya, kalau yang tidak punya kartu octopus ya mesti beli tiket masuknya, untungnya aku ada octovus card jadi aku tinggal gesek nggak perlu antri. Aku menuju pintu masuk, diperiksa tas kita,aku bawa roti dan minum boleh tuch dibawa masuk, aku pikir nggak boleh.syukur dech.sebelumnya aku udah beli tiket di agen travel, ternyata tiket yg aku beli lebih murah(Standar day $HK 330) kalau kita langsung beli di loket disneyland langsung(standar day $HK 399).akhirnya keinginanku ke Disneyland Hongkong tercapai dech dengan biaya sendiri tanpa minta ke Ortu, Terima Kasih Allah.
Memang permainan di Disneyland Hongkong diperuntukkan untuk anak-anak. Tapi aku nikmati saja semua permainan disana. Permainan ke-1, aku naik rollercoster kecil, Permainan pertama yg aku naik adalah space mountain(kereta kecil yg mendaki gunung).masuknya antri panjang.lumayan menantang dan sedikit pusing naik itu. Permainan ke-2 aku naik Astro blaster.naik pesawat sambil menembak sasaran,aku dapat point 14.400.Permainan ke-3 aku naik pesawat terbang,antrinya panjang boo. Permainan ke-4 aku naik mobil2an,namanya Autopia, di sini aku nabrak hehehe. Maklum belum pernah nyupir mobil boo. Permainan ke-5 aku naik perahu petualang sambil petugas menceritakan sepanjang perjalanan. Permainan ke-6 aku naik kereta keliling Disneyland. Setelah puas naik permainan yang ada di Disneyland ini, tak terasa waktu sudah jam 3 sore, saatnya semua pengunjung berdiri di pinggiran jalan untuk lihat paradenya. Semua tokoh Disneyland ditampilkan. Aku keluar dari Resort Disneyland jam 5 sore, langsung aku naik MTR menuju ke Station Wan Chai untuk cari Mesjid. Sayangnya sesampainya disana aku tidak menemukan mesjid. Kalau mau ke yoshinoya yg di wan chai bisa naik bis LA 5504.aku naik bis jam : 18.30 dari wan chai ke east tsim sha tsui . Aku nyasar salah naik bis nich, aku nyasar sampai ujungnya Hongkong. Tapi akhirnya aku bisa kembali ke Station Tsim Sha Tsui. Alhamdulilah. Tanpa direncanakan aku lihat tulisan Avenue of Stars pas mau keluar dari Station Tsim Sha Tsui,Mau ke Avenue of star dari MTR Tsim Sha Tsui cari Pintu keluar J2,ikutin arah tulisan Avenue of Star. langsung dech aku ikut petunjuk arah ke Avenue of Stars itu. Sampai juga aku disana, saat itu sudah jam 11 malam tapi masih banyak orang tuh. Aku sms temanku aja untuk kesini. Aku lapar nich soalnya dari siang belum makan,baru terasa lapar sekarang.sambil menyusuri jalan di Avenue of Stars aku lihat ada McDonald disebrang sana. Aku menuju kesana dech. Aku beli burger ayam+kentang goreng harganya $HK29,6. Aku makan ditempat. Selesai makan aku balik lagi ke Avenue of Star. Temanku sudah menunggu di dekat SOGO. Kita photo-photo dech. Walaupun kaki ini pegal aku tetap semangat kok jalan-jalannya sambil menemani temanku untuk lihat sekitaran Avenue of Stars lagi. Setelah puas di situ kita balik dech ke Hostel. Sekali lagi tepat banget kita sampai di Hostel jam 12 malam.hampir saja kita tidak masuk. Aku nggak mandi nich hanya cuci muka dan kaki aja. Abis sudah lelah pengen tidur aja. Tapi sebelum tidur aku ngobrol dulu sama temanku Ellen. Setelah mengantuk baru dech kita tidur.


HARI III : Sabtu, Tgl. 12 Nov 2011
Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 08:00~Breakfast di KFC($HK24,50~Pakai Octopus Card)
2. 09:00~Naik bis tingkat menuju ke Star Ferry, Harhour City, 1881 Heritage(Pakai Octopus Card)
3. 11:00~Naik MTR menuju ke Mongkok(Pakai Octopus Card)
4. 14:34~Makan siang di McDonald's Mongkok($HK16,60)
5. 15:00~Beli oleh-oleh Kaos Hongkong sebanyak 15 buah($HK300)
6. 17:00~Naruh belanjaan di Hostel dan jalan lagi menuju ke Peak naik MTR, naik Tram,antri panjang banget(Pakai Octopus Card)
7. 20:19~Tiket masuk ke Madame Tussauds Hongkong($HK160)
8. 20:54~Beli Photo dengan Jackie Chan(Patung Lilin) di Madame Tussauds Hongkong($HK100)
9. 21:00~Pulang naik tram lagi, naik bis tingkat dan MTR menuju ke Station Jordan untuk ketemu temanku(Pakai Octopus Card)
10. 22:59~Makan Malam di Yoshinoya(33,90)

Total Pengeluaran = $HK559,60
Kita keluar Hostel pagi ini jam 8 pagi, Kita makan di KFC dekat Hostel, belok kanan dari Garden Hostel letaknya 2 blok aja belok kanan,gede kok plangnya.Aku makan burger chicken($HK 18.5) dan Hot Chocolate($HK 5). Selesai sarapan kita naik bis menuju ke Star Ferry, ternyata dekat boo. Turun dech kita, kita photo2 dech disana. Bagus pemandangannya. Kita photo di Harbour City, terus ke photo-photo di 1881 Heritage. Setelah puas kita photo-photonya, kita mau ke Mongkok, kita naik dari Station Tsim Sha Tsui, cari jalur B3. Sampai dech kita di Mongkok. Aku beli kaos di kaki lima sedangkan temanku masih di Mall, aku beli kaos yang harga 5 kaos $HK100. Selesai belanja aku balik ke Hostel mau naruh dulu belanjaan aku. Baru dech aku ke Peak, naik MTR dari Tsim Tsa Shui, turun di Central Station, keluar pintu J(lumayan jauh boo keluar stationnya).ikuti petunjuk. Ketemu dech tempat mau ke Tremnya. Antri panjang banget boo.untuk bayar naik Trem aku pakai Octopus card . Sampai disana aku masuk ke Madame Tussauds. Harga tiket masuknya $HK160, pertaman masuk aku photo dengan Patung Lilin Jackie Chan, diphoto 2 kali. Aku masuk ke dalam dech, pertama yang aku lihat ada Patung Nicole Kidman, Brad Pitt & Angeline, Marilyn Monroe, Andy Lau, Eddie Murphy, Putri Diana, Barack Obama, Jet Lee, Pierce Brosnan dan banyak lagi. Setelah puas di Madame Tussaud aku menuju ke atas untuk lihat pemandangan Kota Hongkong dari atas. Rame banget diatas, sampai-sampai aku susah untuk photo2. Pulangnya aku naik trem lagi, antri juga nich pulangnya.baru naik tremnya jam : 22.00, mau ke Central naik bis tingkat terbuka dengan ongkos $HK 4,20. Aku perhatikan semua bis dihongkong besar-besar dan semua juga ber-AC.Orang di hongkong tertib tuch kalau mau naik bis ya antri nggak ada yg nyelak.kalau mau nyeK 60. Allah aku punya mobil.kabulkan lah doaku ini.brang juga gitu tunggu tanda lampu lalu lintas gambar orang berwarna hijau.salut aku. Oh ya aku janjian ketemuan sama temanku Ellen makan di Yoshinoya dekat Station Jordan. Lagi-lagi nich aku salah pilih menu. Aku nggak habiskan pesananku. Nggak enak rasanya. Selesai makan malam kita balik ke penginapan, sekali pas banget kita sampainya jam 12 malam.


HARI IV : Minggu, Tgl. 13 Nov 2011
Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 09:00~Beli tas kosmetik 10 di Toko bawah Hostel Garden($HK100)
2. 09:42~Sarapan di McDonald's + Folder($HK30,80~Pakai Octopus Card)
3. 11:00~Naik Taksi ke terminal Ferry Tsim Sha Tsui($HK40)($HK20)
4. 12:00~Tiket Ferry(First Ferry Macau), Hongkong(Kowloon) – Macau($HK166)

Total Pengeluaran = $HK316,80

Kita sarapan sekali lagi di McDonalds, harganya sich sebenarnya hanya $HK20,80 aja tapi aku kejebak nich jadi ditawarin beli Folder yang harganya $HK10. Iih sebel dech. Selesai sarapan kita mau refund Octopus Cardnya, dipotong hanya $HK7 saja sich. Dari situ kita balik dech ke Hostel, mau siap2 ke Macau nich. Dari Hostel kita naik taksi ke Terminal Ferrynya, abis bawaan kita banyak juga ternyata. Tapi kalau mau jalan sich lumayan. Sampai dech kita di Terminal Ferrynya, kita beli dech tiket Ferrynya dengan harga $HK166. Kita buru2 nich soalnya sebentar lagi Ferrynya berangkat.

MACAU


Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 14:00~Bayar penginapan selama 1 hari(1 kamar 2 bed~$150) di Hostel Sanva($HK75)
2. Sore~Beli Portuguese Egg Tart dekat Hostel Sanva($HK7)
3. Sore~Beli minum dan lain-lain($HK20)
4. Sore~Makan Laksa Singapura($HK30)
5. Sore sampai malam~Jalan-jalan ke Largo de Senado, Grand Lisboa, Banco da China, Casino Lisboa

Total Pengeluaran = $HK132

Sampai juga dech kita di Macau, di Immigrationnya antrinya panjang banget booo. Kita kuatir nich jangan sampai hostel kita di Sanva diambil orang.bisa2 susah cari penginapan lagi. Soalnya kalau sampai jam 3 sore kita belum sampai, kamar yang kita booking akan diberikan ke orang lain. Dari Terminal Ferry kita naik taksi menuju ke Hostel Sanva, ongkosnya $HK40 saja. Kita diturunin di depan gangnya, kita masih jalan sedikit untuk sampai Hostel Sanva. Ketemu dech Hostelnya. Tiba disana kita dilayani oleh nenek tua, kita dapat kamar didepan dekat resepsionist. Kamarnya lumayan kok, ada 2 tempat tidur yang gede dengan kasur springbed, ada wastafel didalam, lemari pakaian, meja rias. Harga permalam untuk kamar ini murah kok hanya $HK150 saja. Kita istirahat sebentar tidur-tiduran. Jam 4 kita keluar dech cari makan dan jalan-jalan. Didekat Hostel Sanva ada Toko yang jual makanan dan oleh-oleh khas Macau, kita beli 1 dech untuk ngerasain kue Egg Tar , harganya $HK7. Syukur alhamdulilah ternyata kalau mau ke Casino Lisboa dekat kok, bisa ditempuh dengan jalan kaki saja. Kita balik ke Hostel jam 11 malam kalau nggak salah. Di Hostel ini baru aku bisa sholat, kita ngobrol2 dech, ngantuk baru dech kita tidur.


HARI V : Senin, Tgl. 14 Nov 2011
Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 07:00~Jalan kaki menuju ke St. Paul Church Ruin, Museu de Macau & Largo do Senado
2. 09:00~Sarapan Bubur Ayam khas Macau, Ada Cakue dan buburnya lembut banget, pokoknya enak dech($HK18)
3. 11:48~Beli oleh-oleh di Macau di Kei Kei Bakery dekat Hostel Sanva($HK236)
4. 13:00~Check-out dari Hostel Sanva
5. 13:15~Naik taksi menuju ke Hotel Regency Macau($HK40),per orang($HK20)
6. 13:30~Tiba di Hotel, Sudah bayar hotel via internet(Rp. 750.000), Menginap 1 hari 1 malam.kasih tips buat prontier($HK10)
7. 16:00~Setelah cukup istirahat, selesai mandi dan berpakaian saya jalan-jalan ke Macau Giant Panda(Sayang Senin Tutup, masuk gratis), Naik taksi($HK40)
8. 17:00~Naik bis Umum menuju Macau Tower($HK8)
9. 17:30~Ke Macau Food Festival(Depan Macau Tower), beli kupon untuk beli didalam arena tsb($HK50)
10. 20:00~Balik ke Hotel($HK8)
11. 20:30~setelah istirahat sebentar, pergi menuju ke The Venetian naik bis umum($HK3,20)
12. 21:00~Tiket naik Gondola Ride Experience di The Venetian Macao-Resort-Hotel($HK118)
13. 21:53~Beli Photo aku di Gondola($HK198)
14. 23:30~pulang naik bis umum, istirahat dech di Hotel($HK3,20)

Total Pengeluaran = $HK707,40 & Rp. 325.000
Pagi jam 7 kita keluar nich mau ke Ruits of Sun Paolo. Hehehe kita nggak mandi nich hanya cuci muka,sikat gigi aja. Abis dingin booo. Kita jalan kaki menuju kesananya, dekat kok. Sampai disana masih sepi pengunjung, alhamdulilah belum rame. Kita puas dech photo2 disana. Terus kita ke Museu de Macau.didepan aja sich,soalnya belum buka Museumnya. Kita balik dech, aku lihat ada toko souvenir baru buka nich, aku masuk dech mau beli gantungan kunci buat adikku. Mahal sich harganya. Temanku Ellen menemukan Bubur Macau yang enak tuch, aku ikut sarapan dech . Buburnya lembut, aku pilih pakai ikan aja dan Cakue.semua harganya $HK18. Mahal ya. Selesai sarapan kita jalan kaki lagi balik ke Hostel. Istirahat tidur-tiduran sebentar, terus packing soalnya kita mau check-out jam 13.00. sebelum check-out kita beli oleh-oleh dulu ditoko depan Hostel Sanva. Aku beli oleh2 abis $HK236. Kita mau menuju ke Regency Hotel Macau nich, mau memanjakan diri di hari terakhir di Macau. Kita menuju kesana naik taksi kali ini,bawaannya banyak, repot kalau naik bis. Ongkosnya $HK40.


Sampai dech kita di Regency Hotel Macau, kita dapat di lantai 10. kita beruntung loh dapat kamar ini, ternyata harga kamar Superior ini kalau beli langsung harganya sekitar Rp. 1.800.000. sedangkan temanku beli lewat agoda kalau nggak salah,kita dapat harga hanya Rp. 750.000 saja.
Aku mau ke Panda Pavilum,berhubung aku nggak ngerti naik bis apa terpaksa dech aku naik taksi.argonya sich $HK 44,aku bayar $HK 50.Sayang Pandanya tutup, jadinya aku hanya bisa photo patungnya aja dech. Kalau kesitu jangan hari senin dech soalnya tutup. Kalau mau ke panda pavillum bisa naik bis umum No. 50(dari Regency hotel Macau keluar belok kanan lalu nyebrang terus belok kiri jalannya lumayan jauh. Selesai liat2 aku mau ke tower macau.dari pintu keluar panda pavillum nyebrang lalu belok kiri,jalan lurus aja(lumayan boo jauh jalannya).Mau ke Tower Macau dari Panda Pavilum naik bis no.50(ongkos 5 Pataca),turun di penghabisan yaitu : Praca de Ferreira do Amaral. Dari terminal Praca de Ferreira mau ke Macau Tower bisa naik bis no. 9A atau 32, öngkosnya 3,2 Pataca. Aku nggak jadi naik bugy jumping,tiketnya mahal banget boo 2.488 Pataca.nanti aja dech di bali aja dech ikut bugy jumpingnya.akhirnya aku ke The 11th Macau Food Festival,aku masuk terus liat2 dulu ada makanan apa aja,sebelum aku beli yg mau aku makan,aku beli kuponnya dulu.aku beli 50 Pataca,aku makan nasi kari ayam(25 Pataca) dan Zen Dessert(25 Pataca). Selesai makan aku balik dulu ke Hotel. Istirahat sebentar terus lanjut mau ke The Venetian. Jalan kaki dech aku dari Hotel mau ke The Venetian naik bis di station Dr. Sun Yat Sen(nyebrang pakai jembatan penyebrangan) naik bis 26A,Ongkosnya 4,2 Pataca.nyampe dech aku di Depan The Venetian,aku nyebrang langsung masuk ke dalam.aku naik perahu Venetian,tiketnya : 118 Pataca.aku sebenarnya beli tiket yg share,berhubung hanya aku aja yg beli tiket jadi dech aku sendiri naik gondola.aku di photo.selesai keliling dgn gondola aku beli photo harganya 198 Pataca.aku keluar salah pintu,jadi jauh dech aku ke station terdekat.pulangnya aku naik 26A,ongkosnya : 4,2 Pataca. Pulang dech aku ke Hotel, hari ini cukup jalan-jalan aku diMacau. Tdiur dech aku.


HARI VI : Selasa, Tgl. 15 Nov 2011
Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 07:00~Sarapan di Hotel(Gratis)
2. 08:00~Balik ke Hotel mau berleha-leha
3. 13:00~Check-Out dari Hotel Regency Macau, kasih tips($HK10)
4. 13:15~Naik taksi menuju Bandara Macau($HK40, tapi supir minta $HK50)
5. 13:30~Tiba di Bandara dan menghabiskan waktu di Bandara sebelum pesawat lepas landas
6. Sore~Makan siang & beli minum di dalam Bandara.
7. 18:00~Pesawat kita lepas landas
8. 22:00~Tiba di Bandara Changi Terminal 1
9. 22:05~kita tidak keluar bandara, karena penerbangan berikutn
ya pagi, kita jalan-jalan ke terminal 2, terminal 3 dan makan malam dim sum($SGD2)
10. 23:00~Sholat Isya, jalan-jalan dan istirahat/tidur didalam bandara.

Total Pengeluaran = $HK60 & $SGD2

Hari ini adalah hari terakhir kita di Macau, belum puas sich tapi lain waktu dech Insya Allah aku balik ke Macau lagi bila ada rejeki dan kesempatan. Kita bangun pagi, mandi, berpakaian dan sarapan gratis dibawah. Menu sarapannya macam-macam, ada roti tawar, mie, jagung manis, berbagai minuman, dll. Aku perhatikan kok yang nginap di Hotel ini banyak orang Cinanya ya, orang bule kok hanya 1-2 orang aja. Selesai sarapan kita balik ke Kamar, lanjut mau tidur-tiduran sambil nonton tv. Tepat jam 13.00 kita check-out dech dari hotel. Kita langsung panggil taksi menuju ke Bandara Macau, Ongkosnya sich hanya 40 pataca tapi drivernya minta 50 pataca tuch. Kita kelamaan nich nunggu dibandaranya, jadwal terbang pesawat yang kita naikin sich jam : 18:00, kita nikmatin aja selama di Bandara, oh ya restoran di Bandara Macau ini ternyata hanya ada 1 aja, terpaksa dech kita ke restoran ini untuk isi perut, lapar nich.
Tak terasa waktu sudah jam 16:00 saatnya kita check-in dech. Pesawat kita lepas landas ontime jam : 18:00, senang dech aku duduk dekat jendela. Selamat tinggal Macau.
Jam = 22.00 kita sampai di Terminal 1 Bandara Changi Singapura. Jadwal pesawat aku ke Jakarta pagi jam = 07.45. aku habiskan waktu di Bandara Changi ini saja, bagus nich Bandara kayak di Hotel, betah aku berlama-lama disini. Kita jalan-jalan naik skytrain ke Terminal 2, 3. Kalau mau istirahat selonjor enak di terminal 3 ada dekat dunkin dönut A1 – A21. Prayer Room di Bandara Changi ini ada di setiap Terminal 1,2 & 3 tapi hanya 1 Room saja di setiap terminalnya. Istirahat dech aku diterminal 3.


HARI VII : Rabu, Tgl. 16 Nov 2011
Rincian Perjalanan dan Pengeluaran :
1. 04:00~Pisah dengan temanku Ellen, aku nunggu skytrain beroperasi
2. 05:00~Naik Skytrain menuju ke Terminal 1 Bandara Changi Singapura
3. 07:45~Pesawat lepas landas menuju Bandara Soetta Jakarta
4. 09:00~Tiba di Bandara Soetta Jakarta, Tiket Damri dari Bandara Soetta ke Pasar Minggu(Rp. 20.000)
5. 10:30~Sampai di Terminal Pasar Minggu, Naik taksi Express(Argo 30 ribu, aku bayar 40 ribu)
Total Pengeluaran = Rp. 60.000
Tidak terasa waktu sudah menunjukkan jam 4 pagi, aku berpisah dech dengan temanku Ellen, soalnya Ellen pesawatnya sore sedangkan aku pagi. Aku jalan menuju ke halte Skytrain. Ternyata sampai disana trainnya belum beroperasi.aku tanya saja ke petugas bandara yang sedang melintas, ternyata train baru buka nanti jam 5 pagi.
Sampai dech aku diterminal 1. hampir saja aku ketinggalan pesawat, aku ternyata belum ngurus boarding pass. Lari-lari dech aku sambil bawa troli, dalam hati aku berkata : pasrah dech aku bila ketinggalan pesawat, beli tiket lagi. Tapi Alhamdulilah Allah masih sayang sama aku, aku nggak ketinggalan pesawat. Aku dapat duduk didekat jendela dibarisan paling belakang.Didalam pesawat aku berkenalan dengan bapak-bapak, namanya Pak Zainal, bapak ini ke Jakarta ada urusan bisnis.
Aku sampai dech di Jakarta jam = 09.00. pulangnya aku naik Damri jurusan Pasar Minggu. Lama aku menunggu bis Damrinya. Datang dech bis Damrinya, didalam bis aku ngobrol dengan ibu yang duduk disamping aku. Ibu ini dari Solo, ke Jakarta mau kerumah anaknya. Aku lupa nama ibu ini. Kita ngobrol sampai ibu ini turun di Tebet. Sampe dech aku di Terminal Pasar Minggu. Berhubung bawaan aku 2 tas gede dan badan ini sudah lelah, aku naik Taksi Express. Ongkos sampai rumah 40 ribu aja kok.sampai dirumah nggak ada orang, aku cari makan dulu dech ke Warung Padang.nggak berapa lama ibuku pulang dari mengajar. Selesai makan siang, aku mandi terus tidur.udah dulu ya cerita perjalanan aku selama di Hongkong dan Macau.
Total pengeluaran 7D/6N(Hongkong & Macau) : Rp. 6.478.300,-
Semoga ceritaku ini bisa jadi masukkan buat teman-teman yang baru pertama kali ke Hongkong dan Macau. Selamat Traveling.

Tidak ada komentar: