Langsung ke konten utama

Jalan-Jalan ke Pekalongan & Salatiga

Ke Pekalongan

Kita berencana ke Pekalongan & Salatiga. Kita beli tiket ke Stasiun Senen di hari Sabtu, tgl. 10 Desember 2011, kita sampai di Stasiun Senen 15.00, kita langsung menuju ke tempat pembelian tiket. Untuk loket pembelian tiket KA Ekonomi nggak begitu antri, malah yang antri untuk tiket bisnis dan eksekutif. Aku tanya ke security yang jaga disitu jam berapa tutup, dia jawab jam 17.00.kita beli dech tiket KA Ekonomi Tawang Jaya, harga tiketnya sich hanya Rp. 33.500 tapi kenapa dikembaliin cuma 15 ribu. Wah payah nich petugas loketnya korupsi Rp. 1.500. kenapa sich susah banget cari orang yang jujur?.

Tibalah hari Jumat tgl. 16 Desember 2011 yang ditunggu-tunggu, jalan-jalan ke Pekalongan dan Salatiga bersama temanku Danny. Aku berangkat dari rumah jam :19.15, aku naik M20 dari depan gangku,macet setelah mall cilandak,sampe putaran pertanian jam : 19.45,aku naik busway aja takut macet boo dijalan.aku byr ongkos busway Rp.3.500,tdk lama sich aku nunggu busnya.Alhamdulilah kosong,aku pikir penuh.aku naik busway jam : 19.54.semoga tdk telat sampe stasiun senennya.jadwal kereta Tawang jaya berangkat dari stasiun Senen jam : 21.40. aku baru tahu kalau barisan depan khusus cewek, barisan tengah dan belakang baru cowok.apakah ini berlaku untuk semua busway?tapi sich kayaknya kalau busway kosong dech,kalau penuh sich nggak berlaku.Aku liat di jam : 20.13 busway jurusan pluit atau kalideres penuh banget dari halte kuningan timur.di busway yg aku naikin jurusan : Ragunan - Dukuh Atasya.Aku transit di Halimun,terus ganti busway jurusan : dukuh atas - tugas. Penuh boo,aku aja berdiri.aku transit lg di Matraman 2, belok kanan ikutin jalan aja,aku naik busway lagi yg jurusan : Ancol tapi yg lewat bawah.lambat banget busway jalannya kayak keong,sampe halte Atrium Senen jam : 21.05. langsung aku keluar halte terus nyebrang dech.sampe stasiun senen jam : 21.15.sambil menunggu temanku aku beli pulsa Axis 20 ribu di indomaret stasiun senen hargan 21 ribu. Aku balik dech ke tempat tunggu jalur utara.nggak berapa lama temanku datang.syukur dech.Langsung kita masuk ke dalam,tiket kita diperiksa oleh penjaganya.kereta datang jam : 21.30,kita dapat di gerbang 7, nomor : 8D-E.Kereta berangkat jam :21.48,lewat 8 menit dari jadwal seharusnya yaitu jam : 21.40.rame bgt nich di dekat gue,kayaknya pada bisnis jualin tiket,mereka-mereka calo kali ya. Lewat beberapa jam di KA, datang petugas Karcis untuk meriksa karcis kepada penumpang KA, aku kasih dech tiket aku terus sama petugas dibolongin. Eeh tiba-tiba petugas gendut itu minta kembali tiket kita, dia tanya kamu turun diStation sama?aku jawab aja iya, kita kasih tiket 2 lembar dikasih 1 lembar, aku langsung berpikir wah ini mah nggak benar, aku langsung aja minta kembali tiket yang diambilnya. Emangnya aku bego apa mau ditipu gitu, enak aja. Untung aja aku langsung ngeh, dasar susah sekali ya cari orang yang benar-benar kerja tanpa pamrih. Masih ada aja cari celah biar dapat uang diluar gaji. Gimana negara ini mau benar ya, petugasnya aja seperti itu. Udah tua pak, inget dosa. Bersyukurlah rejeki yang sudah dikasih Allah, berapapun yang sudah Allah berikan ke umatnya. Dimanakan kita berada harusnya selalu waspada terhadap lingkungan di sekeliling kita, sehingga terhindar dari apa yang tidak kita inginkan.

Kita nyampe di Station Pekalongan jam : 05.20, telat 36 menit dari jadwal.kita ke toilet dulu dech soalnya dari Jakarta kita nggak sempat ke toilet.terus aku lanjut sholat subuh, .selesai itu kita foto2 didalam station yg ada tulisan PEKALONGAN.Puas berfoto2 aku nanya ke petugas station penginapan yg dekat dari sini dimana ya?, petugasnya bilang didepan station ada. Langsung dech kita keluar dan nyebrang,

Kita pilih nginap di Hotel Damai, alamat : Jl. Gajah Mada No. 7 Pekalongan Jawa Tengah, Telp : (0285) - 422768, Fax : (0285) – 425904. Waktu check-in : 06.00,check-out : 13.00 , range terbawah hanya 60 ribu untuk 2 orang tapi saat kita check-in nggak ada atau full aku nggak ngerti dech. Range harga teratas di hotel ini 180 ribu dgn fasilitas : kamar mandi didalam+AC split).akhirnya kita pilih kamar yang harganya hanya 65 ribu,ini bisa buat 3 orang,tempat tidur 1 single dan 1 double, kamar mandi didalam, kipas angin, bersih kok kamarnya.Kita istirahat 1 jam sebelum kita jalan-jalan, karena lama juga perjalanan kita naik Kereta Api Tawang Jaya dari Stasiun Senen – Stasiun Pekalongan yaitu : 7 jam.kita dpt nomor kamar 3 didepan, jam 7 pagi kita mandi, jam 8 pagi kita keluar kamar dan berencana mau ke Museum Batik, Biar tdk dibohongin kita tanya ke penjaga hotel kalau mau ke museum naik becak berapa ongkosnya, penjaganya bilang ongkosnya 10 ribu aja.sebelum ke museum kita cari sarapan, aku ngeliat ada Soto disebrang penginapan, nyebrang dech kita, agak susah nich nyebrangnya, banyak truk-truk besar lewat. Aku makan soto + nasi harganya 6 ribu,aku nambah pake tempe goreng 500 perak.soto ini pake ada usus goreng,enak garing boo.

Selesai sarapan kita menuju ke abang becak sebrang, kita langsung deal aja 10 ribu untuk minta diantar ke Museum Batik, abang becak salah persepsi, kita malah di antar ke Kampung Batik, kita bilang lg ke abang becak kalau kita mau ke Museum Batik, kita bukan mau beli batik.akhirnya kita diantar juga ke Museum Batik, berhubung jalannya lumayan jauh kita tambahin dech 10 ribu jadi kita byr ke bpk becak total 20 ribu.

Museum BATIK
Alamat : Jl. Jatayu No. 1 Pekalongan 51114 – Indonesia, Telp : +62285 431698, Fax : +62285 423221

Tiket masuk : Anak-anak/Pelajar = Rp. 1.000,-(harap menunjukan kartu pelajar), Dewasa/Umum = Rp. 5.000,-
Pelatihan singkat ~ Harga : Rp. 20.000,-(Media kain ukuran 30cm x 30cm, Harga : Rp. 25.000,-(Media kain ukuran 50cm x 50cm
Taman & Cafe ~ Sarana istirahat sejenak yang menyejukkan. Berada persis ditengah-tengah Museum, menjadikan tour Anda di Musem Batik tidak membosankan.
Ruang Pameran Batik, Terdiri dari : Ruang Koleksi Batik Pesisir, Ruang Koleksi Batik Nusantara, Ruang Koleksi Batik Tokoh.
Fasilitas Pendukung : Telecenter & Perpustakaan, Aula, Ruang Workshop dan Kedai Batik(menyediakan berbagai produk batik yang dijual kepada pengunjung, Asli batik tulis dan cap).
Sertifikat Penghargaan UNESCO ~ Museum Batik Pekalongan adalah satu-satunya Museum di Indonesia yang mendapatkan dua sertifikat dari UNESCO. Karena Museum Batik Pekalongan adalah inisiator diakuinya Batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda asli milik Indonesia.sehingaa UNESCO menganugerahkan Sertifikat ini. Selain itu UNESCO juga menganugerahkan Museum ini Sertifikat Best Practice sebagai langkah nyata pelestarian warisan budaya tersebut, karena di Museum ini menyediakan sarana workshop atau pelatihan proses membatik. Oleh karena itu Museum Batik Pekalongan selalu menjadi pusat Peringatan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Sebelum masuk aku photo2 dulu, baru dech kita masuk, Museum buka setiap hari, hari libur/nasional libur, buka jam : 08.30 WIB. Tiket masuk hanya Rp. 5.000/orang, aku pikir kita masuk aja dan lihat batik ternyata kita dijelasin secara detail oleh pegawainya Aku suka cara pegawainya menjelaskan produk batik, sopan dan bahasanya santun, kagum aku.didalam ruangan itu banyak jenis kain batik dan kita tidak boleh mennyentuh bahannya. Selesai aku berkeliling di Museum tersebut, nggak berapa lama datang anak-anak TK dari daerah Kendal. Rame banget booo, kita keluar dech. Didepan Museum ada taman yang menarik perhatian aku karena ada tulisan BATIK besar, kita nyebrang dan photo-photo dech ditaman itu. Setelah puas kita pulang, dengan Pdnya kita naik angkot jurusan : PKL-WIRADESA-KAJEN, ya gambling aja, kalau ada yang bagus selama perjalanan kita turun, kita bayar ongkos 5 ribu ber-2. Nggak dikira dan nggak diduga ternyata angkot ini lewat depan penginapan kita. Lanjut dech kita ke tujuan selanjutnya yaitu Grosir Batik. Dari depan penginapan kita naik bis ¾, aku langsung bilang ke keneknya kalau tujuan kita mau ke Grosir Batik, ongkosnya Rp. 3.000,-. dekat kok nggak terlalu jauh kita sudah sampai. Kita kelilingin dech tuch pasar Grosirnya, ada yang menarik kemeja wanita batik tapi sayang nggak ada ukuran XL. Nggak dapat dech aku. Setelah lelah kita cari tempat makan untuk pesan minum, haus banget boo soalnya hawanya panas. Kita beli dech minuman Rujak Es Krim harganya 5 ribu, terus aku makan bakso harganya 8 ribu. Temanku nggak habis minum Es rujaknya, katanya pedas. Kalau aku sich abis, baksonya juga habis. Selesai minum kita langsung pulang menuju ke penginapan. Sampai di penginapan jam : 12.00, istirahat dech kita.

Ke Salatiga

Tepat jam 16.00 kita check-out. Kita mau ke Salatiga, lama boo nunggu bis yang lewat. Kita putuskan untuk makan dulu dech, disebrang ada nasi Megono, kita makan dech. Aku makan Nasi megono+Tempe+Tahu+Es Teh manis hanya 5 ribu saja.Murah ya boo.Selesai makan kita langsung naik bis yang ada aja dech ke terminal Pekalongan soalnya hari sudah sore. Kita ke Terminal Pekalongan naik bis ¾ ongkosnya 3 ribu saja. kita naik bis COYO PATAS AC ke semarang dari terminal Pekalongan,bis berangkat jam : 17.18, harga tiketnya 30 ribu.is ini ternyata nggak sampe terminal semarang,jadi kita nyambung lg naik bis Sahabat,ongkosnya 3 ribu.jauh juga ternyata.kita sampe di terminal jam : 19:45,kita mau ke Salatiga naik bis AC,bisnya berangkat jam : 20.44.Ongkos bis ke Salatiga per orang 6 ribu saja.nama bisnya Sumber Kencono. Kita sampai di Terminal Tingkir Jam : 22.00, bis ini nggak masuk ke Terminal Tingkir. Kita diturunin didepan Polsek Tingkir. Kita mau nanya penginapan ke Pak Polisi lagi Jaga, ada 1 polisi bapak-bapak. Temanku nanya penginapan dekat sini ada nggak? Polisinya hanya senyum aja nggak jawab, payah polisinya setiap kita tanya nggak pernah dijawab, aku pikir Polisi akan bantu kita cari penginapan pakai mobil dinasnya, ternyata tidak, padahalkan hari sudah malam dan hujan lagi. Malah yang datang tukang ojek, tukang ojeknya malah nawarin dengan harga yang mahal, masa 1 motor minta 30 ribu, gila apa kita 2 cewek dengan 2 tas ransel, bisa jatuh kita. Ya udahlah dari raut wajah polisi itu nggak ada tuch niat baik untuk bantu ngantar kita, aku bilang aja kita naik ojek aja dech pak, kita tanya aja dimana pak ada ojek, dia bilang ada disebrang. Temannya ada yang manggil untuk datang ke Polsek, eeeh tiba-tiba pak polisinya ngomong saya antar tapi isi bensin ya. Aku bilang aja nggak dech pak, dalam hati gue iiih ini polisi kok matre banget, aku jadi ingat waktu smp, aku pernah ditolong pak polisi karena kemalaman tidur di masjid,soalnya nggak punya uang untuk naik taksi. Eeeh ketemu malaikat penolong pak polisi itu, kita malah diantar sampai depan rumah.duh baik banget tuch pak polisi, jarang kali ya polisi yang sebaik itu. Akhirnya kita naik ojek, kita pakai 2 ojek motor, per orang 15 ribu(ongkos sebenarnya hanya 10 ribu).kita sampai penginapan jam : 23.00.

Kita di Salatiga nginep di Hotel Palapa,alamatnya : Jl. Oki Maliki 1 Salatiga. Range kamar termurah 50 ribu,ke-2 100 ribu dan teratas 150 ribu.kita ambil kamar yg 100 ribu karena yg 50 ribu full.check-in jam : 06.00,check out jam : 13.00.

Pagi kita sarapan soto ayam pake nasi(Rp. 5.000)+tempe(500 perak)+krupuk(500 perak).mau ke Kopeng bisa langsung naik bis 3/4 dgn ongkos 4 ribu(bis jurusan : salatiga-magelang-kopeng tapi bis ini jarang,jadi kita naik bis kecil dech,turun diperempatan lalu nyambung bis lagi, ongkosnya 3 ribu, jauh juga ternyata perjalanan, ada 30 menit kira-kira. Kita sempat berhenti lama di pasar tradisional sich. Kita turun di wisata kolam renang dan taman, tapi nggak ada kolam renangnya sich, sayang disini nggak terawat tamannya.coba kalau dirawat bagus banget dech. Kita bayar tiket masuk per-orang Rp. 5.000,- kita keliling taman, kita beli Jeruk khas Kopeng, namanya lupa aku, kita hanya beli 2 aja karena kita masih mau jalan-jalan, kalau borong berat bawanya boo.kita beli 2 saja harga Rp. 2.500 saja. Jeruk ini kayak Jeruk Sunkist, mesti dipotong pakai pisau nggak bisa dikupas pakai tangan, manis rasanya dan enak. Ditaman tersebut ada Lapangan bola yang keluar asap dari dalam tanah, ada Balai Desa dan Gereja. Nggak lama sich kita keliling Taman itu hanya 2 jam, kita langsung balik. Kita berencana mau beli Jeruk Kopeng tapi nanti aja pas didepan perempatan aja. Eeeh ternyata dugaan kita salah, diperempatan nggak ada yang jual Jeruk itu. Nyesal dech kita. Kita istirahat lagi aah di Penginapan sebelum kita pulang ke Jakarta. Kita Check-Out dari penginapan jam : 13.00 WIB.

Kita mau naik bis ke Jakarta dari Terminal Semarang.kita naik bis jurusan : Solo - Semarang di depan sebrang penginapan.nggak lama kok bis yg kita tunggu langsung ada,tepat jam : 13.00 kita naik,ongkosnya 10 ribu saja.nama bis yg kita naikin bis Safari(cover bis warna hijau).Terminal di Semarang namanya Terminal Terboyo. Kita sampe di Terminal Terboyo jam : 14.00,kita langsung aja ke Agen Nusantara, sesampainya disana tiket executive jurusan Jakarta habis. kita mau beli yg Sumba Putera yg dpt makan yg harga tiketnya 165 ribu.aku bilang jgn kemahalan,iya kalau benar bisnya executive dan dpt makan,kalau nggak kan rugi kita. Benar kan feeling aku,untung nggak ambil tiket yg 165 ribu.emang semua orang yg diterminal pada mata duitan,apa pada nggak takut dosa apa. Kita bingung nich mau naik apa.setelah berdebat dgn calo diterminal,kita putuskan naik bis ERA,kita beli tiket harganya 140 ribu per-orang. yg kita naikin jauh dari harapan,dgn jml sheet byk yg ada di bis PATAS AC,Toilet sich ada.masa pake ada tambahan kursi dilorong buat jalan.bete dech. Tapi aku tetap bersyukur kok bisa pulang.walaupun tdk dgn yg kita harapkan bisnya.bis PO.SAFARI aja baru datang jam : 19.30 dan berangkat jam : 19.44. Selama perjalanan kita nikmatin aja, aku masih bersyukur tidak ada yang merokok di bis ini, kan bis AC. Aku sampai di Halte dekat Fedex jam : 09.00 pagi, gila boo baru kali ini aku naik bis sampai Jakarta siang banget. Abis bis ini nggak langsung ke Lebak Bulus tapi muter-muter dulu ke Kalideres terus ke Tangerang dan terakhir Lebak Bulus. Nggak lagi-lagi dech aku naik bis ini, sekali ini aja karena kepepet.

PENGELUARAN :

* Pop-Mie = Rp. 6.000,-
* Ongkos P20 = Rp. 2.000,-
* Ongkos M20 = Rp. 5.000,-

Total = Rp. 284.500,- ==> Total Pengeluaran Pekalongan & Salatiga = Rp. 497.000,-

Lama Perjalanan :
Naik KA Tawang Jaya dari Stasiun Senen – Stasiun Pekalongan = 7 Jam 50 Menit
Naik Bis Antar Kota ke Semarang dari Terminal Pekalongan – Terminal Terboyo(Semarang) = 3 Jam
Naik Bis Antar Kota ke Salatiga dari Terminal Terboyo(Semarang) – Terminal Tingkir(Salatiga) = 1 Jam 15 Menit
Naik Bis Antar Propinsi ke Jakarta dari Terminal Terboyo(Semarang) – Lebak Bulus(Jakarta) = 13 Jam 15 Menit.

BUS PATAS P.O COYO PT.
PKL : Jl. A. Yani(Telp : 423621)
TGL : Jl. Mujung Agung(Telp : 358350)
SMG : Jl. Siliwangi 496(Telp : 7606925)
Kantor Tegal : Jl. Yos Sudarso 52(Telp : 357324)

Catatan :
Untuk Kereta Api
Tidak memiliki karcis ~ dikenakan 2 x tarif berlaku
Pembatalan karcis pesanan paling lambat 30 menit sebelum jam keberangkatan KA, bea dikembalikan 75%
kurang dari 39 menit sampai KA berangkat atau penumpang terlambat(ketinggalan KA) tidak ada pengembalian bea(hangus)
pembatalan karena tidak terselenggaranya angkutan, bea dikembalikan penuh.
Karcis pembelian langsung tidak dapat dibatalkan.
Merubah jam/tanggal keberangkatan untuk karcis pesanan boleh dilakukan 1(satu)kali selambat-lambatnya sehari sebelum(H-1) dengan bea administrasi Rp. 2.000,-
Penumpang membawa barang bawaan lebih dari 20(dua puluh) kg atau barang ringan makan tempat(RMT), dikenakan bea bagasi sesuai aturan yang berlaku.