Langsung ke konten utama

Pulang Kampung ke Purworejo(19-12-09 s/d 21-12-09)

Aku ajukan cuti dadakan 2 hari ke Purworejo untuk nemenin bu lek karena ada keperluan disana. Thank’s Pak/Bu atas ijinnya. Jadi dech aku cuti tgl. 21 – 22 Dec 2009.
Pengennya sich naik kereta api tapi kayaknya nggak dapet dech soalnya pas libur panjang 3 hari, pasti tiketnya habis dan juga keretanya penuh, nggak nyaman dech pastinya. Ya udah aku putuskan naik bis aja. Sabtu siangnya tgl. 19/12/2009 aku pergi ke Terminal Lebak Bulus untuk beli tiket, aku kesananya naik Motor.

Pas mau masuk ke area loket penjualan tiket aku dikenakan bayar 200 perak, aku kasih dech seribu tapi kembaliannya hanya 500 perak, kurang 300 perak tuch. Wah ini mah korupsi namanya. Udah zaman sekarang apa2 serba mahal, masuk terminal aja bayar, payah nich. Baru selangkah aku masuk area loket, aku sudah disamperin calo-calo tiket tuch, tapi dari awal aku sudah tentukan pilihan akan naik bis Sumber Alam, yah karena Sumber Alam sudah familiar denganku, walaupun aku kalau pulang ke kampungku jarang sekali naik bis itu. Calo disana nawarin aku naik bis Rosalia Indah aja katanya, tapi aku tidak bergeming tuch, walaupun calo itu bilang kalau bis Sumber Alam tiketnya habis, aku nggak percaya tuch. Letak loketnya ada di sebelah kiri(saat masuk lurus aja terus belok kiri ikutin jalan sampai lewatin toilet lalu belok kiri sampai dech). Langsung aja aku menuju loket bis itu, sampai disana aku pilih bis AC+Toilet dengan sheet 2-2, aku beli 2 tiket, harga 1 tiketnya 120 ribu, kita dapat nomor bangku 31 & 32. Jadwal bis berangkat jam : 17.30 WIB. Setelah dapat tiket pulang dech aku, aku langsung bayar parkiran motor 2 ribu, dalam hati kok mahal di sini ya daripada di Mall.
Aku & Bu Lek berangkat dari rumah jam 4 sore. Kita naik taksi Ekspress dari depan gang rumah. Ongkos taksi sampai terminal Lebak Bulus 30 ribu. Aku sudah siapin receh buat bayar masuk ke area terminal, aku bayar dech 400 perak ke petugasnya. Aku sich nggak merhatiin ekspresi petugasnya tapi kata bu lekku petugas itu kecewa tuch aku kasih segitu. Yaah aku kan benar, emang tarifnya segitu. Dasar maruk ama duit sich. Kita langsung naik bis dech, nunggu sampai jam 17.30 bisnya baru jalan.
Aku menikmati perjalanan dari Jakarta sampai tiba di Terminal purworejo, kita menempuh perjalanan selama 11 Jam dari jam : 17.30 dari Terminal Lebak Bulus dan tiba di Terminal Purworejo sekitar jam 04.45 pagi. Selama dalam perjalanan, dibelakang aku Cewek2 ABG pada berisik tapi semakin malam tuch ABG tidak ada suaranya, capek tuch hehehe...oh ya kita dapat snack+aqua gelas.
Kita berhenti 2 kali, yang pertama sekitar jam 8 malam, aku sich turun hanya untuk buang air kecil aja, terus yang kedua jam 01.45 pagi. Kita lagi-lagi turun untuk buang air kecil & beli Cup noodle(Pop Mie) harga 1 pcs 6 ribu.
Tidak terasa kita sudah sampai di Terminal Purworejo, kita tiba jam 04.45 pagi. Baru turun dari bis, kita langsung di samperin ama tukang ojek. Kita bilang aja mau nunggu angkot aja. Kita tunggu dech sampai jam 05.30 pagi, setelah ada angkot langsung dech kita naik. Berhubung masih pagi banget, penumpangnya hanya 5 orang aja. Kita turun dech di Station Purworejo, kita jalan menuju ke Losmen Intan.
Sampai di Losmen Intan, ternyata ada tamu yang setelah aku tanya mereka ternyata dari Demak dan menginap semalam di Hotel Intan. Mereka dari Jakarta sebanyak 30 orang dan pagi itu akan menuju ke Batu Raden dan pulang ke Jakarta. Kita menunggu sampai kamar dibersihkan oleh petugas losmen. Selesai dibersihkan masuk dech kita ke kamar. Tidur sekejab dan langsung Mandi.
Selesai itu kita langsung cari sarapan Soto Ayam ke Pasar Purworejo. Tapi sesampainya disana Soto Ayamnya nggak buka atau nggak udah disitu lagi kali ya. Soalnya besok pagi kita kesana lagi nggak ada juga. Padahal Soto itu enak loh. Bingung dech kita mau sarapan apa, setelah kita muter-muter, kita putuskan makan soto di sekitar Losmen Intan. Rasanya nggak enak tapi berhubung lapar, abis juga sich aku makan sotonya. Kita makan Soto+Es Jeruk+teh Panas+Krupuk 2+tahu bacem semua hanya 17.500 saja.
Abis itu kita ke Universitas Muhammadiyah Purworejo, ada yang mau di urus. Kampus libur hari Minggu. Setelah urusan selesai kita balik dech ke Losmen Intan, terus mampir ke Station Purworejo untuk beli tiket pulang, tapi sayang tiketnya habis untuk tgl. 21/12/09. Yaa....kecewa dech.

Rencananya selanjutnya kita ke Station Kutoarjo untuk naik kereta Pramex yang tujuan Yogyakarta. Beli tiket dech kita, per orangnya 8 ribu. Kereta Pramex berangkat dari Station Kutoarjo jam : 10:45 WIB dan sampai Station Tugu jam 11:45 WIB(on time booo).Untuk menuju ke Marlboro kita keluar Station Tugu terus belok kiri, lurus aja dech,ketemu tugu belok kanan. Kita jalan dari Ujung Tugu sampai ujung marlboro dech. Di marlboro aku beli dompet kunci & dompet hp sedangkan bu lek beli baju. Panas-panas kita minum es campur, weih segarnya, harga per mangkoknya 3 ribu saja. Setelah puas lihat2 kita langsung balik lagi ke Station Tugu dengan naik Becak. Sebenarnya sich dekat ke Station Tugu tapi berhubung bu lekku kecapaian kita naik becak aja dech ke sananya.
Kita beli 2 tiket kereta Pramex tujuan Kutoarjo, oh ya jadwal kereta Pramex tujuan Yogya-Kutoarjo adanya jam = 13.45, 14.45, 15.45. kita naiknya yang jam = 13.45. Sesampainya di dalam ternyata banyak juga yang mau naik Pramex, datengnya kereta yang ditunggu2. Langsung kita masuk ke gerbong. Alhamdulilah Lek Umi duduk, nggak berapa lama akupun duduk juga.
Kita tiba di Station Kutoarjo jam = 14.45, langsung dech kita naik angkot yang tujuan Terminal Purworejo untuk beli tiket pulang bis Sumber Alam, harganya sama saat berangkat yaitu 120 ribu(AC+Toilet, Sheet : 2-2).Saat kita pesan, kita belum dapat nomor bangku, katanya besok pagi baru ada. Jadwal berangkatnya jam : 15.30 WIB. Sebelum ke Losmen kita makan bakso dulu di sekitar Pasar Purwoorejo , namanya bakso Bang Siput, aku aja nambah sampai 2 porsi, hehehe jadi malu bilang ke masnya. Setelah itu kita balik ke Losmen untuk istirahat dan mandi.
Malamnya kita cari makan di sekitar Alun-alun Purworejo, aku pilih Cap Cay+Fanta pakai es sedangkan bu lek pilih Nasi+Entok+Es Sprite. Rasa Cap Caynya sich masih enakan yang di Jakarta, selesai makan bu lek bayar, habisnya sich nggak sampe 20 ribu, murah ya.
Setelah kenyang kita balik dech ke Losmen dengan naik becak. Aku sich nggak langsung tidur aku baca koran dulu sambil dengerin musik. Ngantukpun menyerangku, tidur dech aku. Jam 02.30 pagi aku terbangun, aku langsung ke toilet, ternyata tamu tak diundang datang. Aku melanjutkan tidurku lagi soalnya masih pagi sich. Aku terbangun jam 6 pagi, aku mandinya jam 6.30 pagi, bu lekku dulu yang mandi, baru aku.soalnya aku kalau mandi lama.
Jam 7 pagi kita cari sarapan di Pasar belakang losmen, aku makan Soto Daging+Es Jeruk, bu lek makan Kupat tahu+Teh Panas,semua harganya nggak hanya 12 ribu saja. Terus kita cari kue untuk Mbakku dan Om Yuyuk. Kue yang dibeli Bolu Kukus 10 pcs, kue lapis Sagu & Beras 10 pcs, yang masing2 harga per buahnya 700 perak. Balik dulu dech ke Losmen untuk taruh kuenya, oh ya aku mampir dulu ke Warnet di belakang Losmen untuk kirim email. Warnet itu buka 24 Jam loh. Tempatnya bagus,seingat aku dulu tuch sebelum jadi Warnet itu dulu tempat makan yang dulu aku pernah makan disitu.
Kita ke Pasar Purworejo untuk beli oleh-oleh juga kue buat mbah & Om Yuyuk. Selesai belanja kita naik becak ke Losmen. Kita naruh oleh-oleh di Losmen, terus kita langsung menuju ke rumah Mbah dengan naik angkot jurusan Purwodadi. Sampai di Plandi ternyata Dokar nggak Ada, akhirnya kita naik ojek motor dengan 2 motor. Disana kita hanya sebentar, hanya ke rumah Mbah & Om Yuyuk. Dikarenakan sorenya kita mesti balik ke Jakarta. Aku senang mbahku sehat walafiat. Saat aku pamit ke mbah untuk pulang, aku dicium mbahku. aku senang banget. Ongkos naik ojek sekali jalan 7.500.
Kita mampir sebentar untuk nyobain Dawet Hitam minuman khas purworejo, harga per mangkok kecil 2 ribu saja. Kita makan banso lagi dech di Bang Siput, tapi kali ini nggak nambah kok. Kita sampai dipenginapan jam 11 siang, aku tiduran sebentar, baru dech jam 1 siang aku mandi. Kita keluar dari losmen jam 2 siang, nginap di Losmen Intan semalam untuk Kamar+Kipas harganya 60 ribu, dan batas check out jam 12 siang. Nah kita kan keluar jam 2 siang jadi bayar nginapnya 90 ribu.
Kita naik angkot untuk ke Terminal Purwoorejo dari sebrang Losmen, kita naik angkot jurusan Kutoarjo. Jam 2.45 sore kita sampai diterminal. Dari kejauhan aku lihat banyak juga yang naik bis Sumber Alam, wah pikirku penuh dech bisnya, aku langsung tukarkan kwitansinya di loket, mbaknya bilang nanti akan dipanggil. Nunggu dech kita sampai bisnya datang, detik demi detik sudah kita lewati, jam 15.30 pun terlewati. Telat dech dari jadwal bis belum datang juga, bis-bis mulai berdatangan di jam 16.00 WIB, aku tunggu bis yang akan kita naiki belum datang juga, yang datang duluan tuch kebanyakan bis PATAS non AC, penumpang pun makin berkurang, tinggal sedikit penumpang yang belum naik. Jam 16.15 bis AC tujuan Lebak Bulus pun datang, hanya 4 penumpang yang naik dari terminal Purworejo. Kita dapat tempat duduk nomor 13 & 14. Nggak enak pas belahan kaca, melihatnya jadi tidak luas. Andaikan aku bisa memilih, aku akan pilih duduk di nomor : 9 – 10 atau 11 – 12. Bis Sumber Alam ternyata bisnya banyak banget dengan berbagai tujuan. Hebat.
Kita berhenti agak lama di poolnya di Kutoarjo. Awalnya bis yang kita tumpangi kosong, tapi lama-lama terisi semua bangkunya, penuh satu bis. Jam 20 kita istirahat selama 30 menit, aku & bu lekku langsung menuju ke toilet. Sebelum aku masuk ke toilet belum banyak sich yang nunggu tapi setelah aku keluar waduh banyak banget yang antri. Jadi nggak enak aku kelamaan di dalam toilet. Aku beli oleh-oleh buat temanku di situ, mahal boo. Kok kita nggak dapat snack ya, lupa kali orangnya.
Kita melanjutkan perjalanan kembali, dipertengahan jalan sekitar jam 23.00 WIB saat aku terlelap tidur, tiba-tiba terdengar bunyi brek. Supir pun panik langsung turun dari bis, ternyata tangki bensinnya bocor kena rel kereta api. Aku langsung lihat ke luar, wah banyak juga Solarnya tumpah. Banjir dech jalan raya di daerah Brebes itu. Nggak berapa lama ada kecelakaan, aku nggak lihat persis. Langsung bis bak terbuka yang mengangkut durian itu terbalik menabrak pembatas jalan, mungkin dikarenakan jalanan licin. Tapi syukur dech orangnya tidak apa2.
Kita disuruh turun dari bis Sumber Alam itu, kita disuruh menunggu bis pengganti datang, kita menunggu selama 1 1/2 jam baru dech bis pengganti datang. Kita langsung menaiki bis itu sesuai dengan nomor tiket yang kita miliki. Selama perjalanan aku tidur terus bangun dan tidur lagi, tak terasa kita sudah sampai di terminal Lebak Bulus. Kita tiba jam 05.30 pagi. Turun dari bis langsung tas kita dibawa oleh 2 tukang pikul, bu lek ku kasih 10 ribu untuk 2 orang itu. Dari terminal kita naik taksi pusaka, sampai dirumah biaya 45.800. lebih mahal saat berangkatnya.

Udah dulu ya, tunggu perjalananku selanjutnya.

Postingan populer dari blog ini

Bagusnya Pelayanan di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus

Saya adalah pengguna Asuransi Inhealth Mandiri. Di Klinik Cahaya Madani Ciganjur saya ke dokter gigi untuk melihat gigi bungsu atas kiri. Setelah dilihat gigi saya oleh dokter gigi. Dokter bilang disuruh cabut. Waduh seumur-umur saya belum pernah dicabut selain waktu kecil gigi saya mah copot sendiri, nggak pernah dicabut sama dokter gigi. Saya tanya ke dokter, bisa nggak ditambal aja? dokter bilang nggak bisa harus dicabut. Waduh saya takut. Sakit nggak ya kalau dicabut. Karena dokter gigi di klinik itu tidak dapat menangani kasus gigi yang saya alami maka saya diberi rujukan ke Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus. Sebelumnya saya tanya jadwal dokter gigi di RS tersebut. Ternyata jadwal ada di Hari Sabtu dari Jam = 17:00 - 20:00. Cocok nich, nggak perlu ijin nggak masuk kerja. Jadwal di hari lain ada yaitu : Senin - Selasa dari jam = 14:00 - 17:00 & Jum'at dari jam = 08:00 - 11:00 dan 15:00 - 20:00. Sebelum datang telpon ke RS terlebih dahulu untuk bikin janji karena pasiennya

Solo Backpacker ke Perth, Australia (13 - 17 Mei 2015)5 Hari 5 Malam

Semoga cerita saya ini masih berguna. Baru kesempatan ini saya usahakan menulis perjalanan saya ke Perth Australia bagian Selatan. Kenapa saya pilih Perth bukan Sydney or Melbourne yang lebih terkenal? Karena tiket pp pesawatnya murah. Pengeluaran tiket pesawat (pp) = Rp 2.579.303.   Airport tax AirAsia(Jakarta-Bali) = Rp 40.000.   A ir rport tax AirAsia(Bali-Perth) = Rp 200.000.   T iket pesawat AirAsia( Bandara Soetta - Denpasar)13 Mei 2015 = Rp 402.311.   Tike t pesawat Air Asia(Denpasar - Perth - Denpasar)14 Me i 2015 & 17 Mei 2015 = Rp 1.361.000 .   T iket pesawat AirAsia(Denpasar - Bandara Soetta) = Rp 575.992.   Saat itu saya bawa uang rupiah Rp 575.000 &  $AUD 570 (Rp 5.700.000) HARI KE-1(Rabu, 13 Mei 2015) Saya keluar dari kantor jam 17:20 WIB untuk menuju ke BTC (Bintaro Trade Center) saya jalan kaki aja. Lumayan jauh sich kalau bawa ransel yang lumayan berat. Sampai di Travel Xtrans jam = 17:35 WIB. Langsung dech saya beli tiketnya tujuan Bandar

Perbedaan Bakpia Kurnia Sari dengan Bakpiaku

Aku sebenarnya bukan penggemar Bakpia, tapi karena setiap tahun aku selalu pulang kampung di daerah Purworejo dan menginap di Yogyakarta. Yogyakarta adalah kota yang selalu ingin aku kunjungi berkali-kali tanpa bosan karena orangnya ramah-ramah. Mengenai Bakpia Kurnia Sari & Bakpiaku akan aku jabarkan dibawah ini mengenai harga & rasa : BAKPIA KURNIA SARI NO  RASA DAN ISI  HARGA PER DOS  BERAT  15 20 1 Kacang Hijau 30.000 40.000 600-750 gr 2 Kumbu Hitam 30.000 40.000  600-750 gr 3 Coklat 30.000 40.000  600-750 gr 4 Susu 30.000 40.000  600-750 gr 5 Kopi 30.000 40.000  600-750 gr 6 Keju 30.000 40.000  600-750 gr 7 Durian 40.000  600-750 gr 8 Green Tea 30.000  600-750 gr Alamat toko Bakpia Kurnia sari :   Jl. Glagahsari 97C Telp : 0274.380502 Jl. Glagahsari 112 Telp : 0274.375030 Ruko Permai Pogung Lor, Ring Road Utara No. 6 Telp : 0274.625729   15 20