Saya mengenal situs Traveloka dari media elektronik sejak Jan 2015. Sejak saat itu bila saya akan beli tiket pesawat se lalu di Traveloka. Di Traveloka fiturnya mudah dimengerti dan tampilannya menarik. Saat itu saya beserta 5 orang teman berencana liburan ke Lombok dengan menggunakan transportasi udara dengan pesawat terbang. Kita beli tiket pesawat di Traveloka pada tgl 24 Januari 2016. Kita akan ke Lombok tgl 05 Maret 2016 . Kita beli tiket pesawat dari jauh-jauh hari agar mendapat harga murah karena ditanggal tersebut ada tanggal kejepit. Bila tidak jauh-jauh hari dikhawatirkan bila beli mendekati hari H akan mahal dan kehabisan tiket. Pada Tgl 23 Februari 2016 salah satu teman saya mengabarkan kalau dia tidak bisa ikut dikarenakan masih dalam pemulihan habis operasi besar dan dikhawatirkan tidak bisa ikut ke Lombok saat hari yang sudah dijadwalkan. Saya informasikan ke teman saya tersebut untuk mengurus refund tiketnya di situs Traveloka karena yang memproses pembelian tiket di Traveloka adalah saya sehingga saya harus memberitahukan cara melakukan refund tersebut.
Cara melakukan refund di Traveloka, yaitu(Menggunakan Hp Android) : Klik Pesanan yang ada dibawah => Klik E-tiket yang akan di refund => scroll kebawah lalu klik Refund/Reschedule => Pilih Refund => lalu klik Refund => pilih tiket yang akan di refund => Pilih alasan Refund : Force Majeure(Bencana Alam)/Dibatalkan oleh maskapai/Jadwal diubah oleh maskapai/Pemesanan ganda(Penerbangan yang sama dipesan dua kali)/Alasan Pribadi(Pembatalan oleh penumpang sakit,kematian penumpang, kehamilan). Teman saya arahkan untuk pilih Alasan pribadi => Klik Lanjutkan => disini ketentuan refund bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai, biaya refund adalah Rp 30.000 dan biaya tambahan dari maskapai mungkin berlaku. Proses refund untuk tiket pesawat akan memakan waktu hingga 90 hari kerja tapi saat ini sudah dipercepat menjadi 30 hari kerja sejak pengajuan refund diterima dan disetujui. => Bila ok dengan pesyaratan yang disebut diatas maka centang kotak kecil(Saya menyetujui Syarat & ketentuan Refund) = Klik Lanjutkan => konfirmasi permohonan refund masuk ke email.
Saya suka dengan fitur Refund yang ada di Traveloka karena dengan adanya fitur tersebut kita tidak perlu mendatangi ke kantor maskapainya untuk mengurus refund tiket pesawat kita. Terima kasih Traveloka untuk kemudahan yang sudah disediakan sehingga kita sebagai konsumen dapat menghemat waktu dan tidak perlu ijin kantor . Dengan hanya meng klik urusan refund sudah beres.
Komentar